Ilustrasi film 1917/
Entertainment

Sutradara Film 1917 Raih Penghargaan DGA Awards 2020

Syaiful Millah
Senin, 27 Januari 2020 - 08:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Film 1917 besutan sutradara Sam Mendes kembali meraih penghargaan bergensi internasional. Film berhasil membawa pulang gelar utama dalam Director Guild of America Awards (DGA) ke-72 atau DGA 2020.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Senin (27/1/2020) Sam Mendes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada sutradara saingannya di DGA karena telah menghasilkan film yang berkualitas pada tahun lalu.

“Saya akan berterima kasih kepada Quentin [Tarantino] karena membuat film yang penuh cinta. Saya  ingin berterima kasih kepada Taika Waititi karena membuktikan sejarah dapat diceritakan dengan kecerdasan dan kenakalan dan sukacita,” katanya.

“Saya ingin berterima kasih kepada Bong Joon Ho karena telah membuat film terbaik tentang apa artinya menjadi miskin yang pernah saya saksikan. Dan saya ingin berterima kasih kepada Martin Scorsese karena telah meletakannya … Dia ada seorang master,” imbuhnya.

Sam Mendes melalui film 1917 bertanding dengan jajaran sutradara dari film-film populer seperti Bong Joon Ho melalui Parasite, Martin Scrosese melalui The Irishman, Quentin Tarantino melalui Once Upon a Time in Hollywood, dan Taika Waititi dengan Jojo Rabbit.

President DGA Thomas Schlamme menyatakan bahwa ini hanya merupakan satu barometer kemajuan dari para peserta. Dia juga menyinggung isu tentang nihilnya sutradara perempuan dari daftar nominasi. Menurutnya, DGA terus memperjuangkan kesetaraan dalam semua hal.

Dengan prestasinya ini, film 1917 semakin menancapkan diri sebagai salah satu nomine kuat di ajang Academy Awards atau Oscar. Film juga sebelumnya berhasil memenangkan Producer Guilds of America Awards dan Golden Globe Awards.

Pada ajang Oscar 2020, film 1917 ini masuk dalam sembilan kategori termasuk di dalamnya adalah kategori paling bergengsi seperti Best Picture, Best Directing, dan Best Original Screenplay.

Sebagai informasi, Director Guild of America Awards merupakan ajang tahunan bergengsi internasional yang memberikan penghargaan bagi para sutradara terbaik di industri perfilman dan televisi. Pemenang ajang ini tak jarang merupakan calon kuat pada acara penghargaan lain seperti Oscar dan Emmy Awards.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro