Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kedua kanan) bersama Irjen Kemenkes Murti Utami (kanan), Duta Parenting Maluku Widya Murad Ismail (kedua kiri), dan Dirjen Kesehatan Masyarakat Kirana Pritasari (kiri) berbincang dengan pelajar dalam peringatan Hari Gizi Nasional ke-60 di halaman Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (28/1/2020)./ ANTARA - Aprillio Akbar
Health

Virus Corona: Gizi Seimbang Jadi Kunci Tingkatkan Imunitas

Newswire
Selasa, 28 Januari 2020 - 13:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Daya tahan atau imunitas tubuh bisa jadi kunci untuk mencegah penularan infeksi virus, termasuk virus korona yang tengah merebak di China dan beberapa negara lain.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pemenuhan gizi yang seimbang merupakan upaya paling penting untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah penularan virus.

“Virus lawannya hanya imunitas. Kalau imunitas tubuh kita baik, enggak usah takut sama virus,” kata Menkes di puncak peringatan ke-60 Hari Gizi Nasional di Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menurutnya, pusat imunitas tubuh manusia berada di sistem pencernaan yang terletak di bagian usus.

Usus akan dapat bekerja secara optimal jika diberi asupan gizi yang seimbang dan cukup sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Tubuh yang memiliki ketahanan tinggi akan dapat menghalau kemungkinan terjangkit penyakit akibat serangan bakteri maupun virus.

“Jadi biar saja berkembang isu apa saja. Tetapi yang paling penting kita jaga imunitas tubuh kita dengan hidup sehat,” katanya.

Menkes, di puncak peringatan Hari Gizi Nasional tersebut, mengimbau masyarakat untuk menyadari pentingnya memenuhi kebutuhan gizi secara seimbang guna menjaga daya tahan tubuh.

“Virus-virus yang datang biarin saja datang, tetapi [kita] enggak perlu takut karena kita punya imunitas baik, akibat dari kita menjaga gizi yang seimbang,” katanya.

Sementara itu, selain penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, pemenuhan gizi yang seimbang ditambah aktivitas fisik juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pada remaja.

Oleh karena itu, selain mendorong gerakan untuk makan dan mengonsumsi gizi yang seimbang, Menkes Terawan juga mendorong gerakan masyarakat hidup sehat dengan cara berolahraga. “Olahraga enggak usah yang berat-berat yang penting bergerak.”

Olahraga juga, katanya, bukan hanya olahraga fisik, tetapi juga olahraga pikiran dengan berdoa, mengaji dan membaca hal-hal yang baik.

“Itu sama dengan menyehatkan otak. Batin kita dan fisik kita juga sehat dengan asupan gizi yang seimbang dan gerak yang cukup. Maka tidak ada yang bisa melawan kita,” katanya.

Dengan memenuhi kebutuhan gizi secara seimbang dan aktivitas fisik secara berkelanjutan, masyarakat Indonesia, terutama para remaja, tidak hanya akan mampu menangkal potensi penularan virus, tetapi juga mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro