Pneumonia/ilustrasi
Health

Kenali, Perbedaan Pneumonia Biasa dengan Pneumonia Virus Corona

Newswire
Rabu, 29 Januari 2020 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Salah satu penyakit yang perlu diwaspadai akibat paparan virus corona atau novel coronavirus (nCov) adalah pneumonia. Apakah gejalanya sama seperti pneumonia biasa?

Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Feni Fitriani dalam pernyataan tertulisnya menjelaskan, gejala penyakit pneumonia akibat virus corona sebenarnya sama dengan gejala penyakit pneumonia biasa yakni demam dan infeksi saluran pernapasan dengan gejala batuk kering dan pilek, sesak dan kesulitan bernapas, juga lesu.

“Bila Anda merasakan gejala ini, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter,” katanya.

Menurut Feni, meskipun pneumonia dapat menyerang orang di segala usia, namun anak kecil, ibu hamil dan lansia harus lebih waspada karena kekebalan tubuh mereka tidak sebaik kekebalan tubuh pada orang di usia produktif.

Biasanya pneumonia disebabkan oleh streptococcus, staphylococcus, dan lagionella. Namun, penyebab merebaknya penyakit ini di beberapa negara seperti Wuhan, China, lalu Singapura, Thailand dan Korea Selatan ditelusuri bukan berasal dari virus biasa yang menyebabkan penyakit pneumonia, namun virus corona.

Virus corona sebelumnya juga menyebabkan munculnya penyakit Severe Acute Respiratory Infection (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang menjangkiti ribuan orang di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro