10 Pilar Hubungan yang Kokoh

Jika Anda ingin hubungan pernikahan kuat, maka harus memiliki pilar dalam membangun hubungan tersebut dan berkomitmen menjalaninya
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 30 Januari 2020  |  11:50 WIB
10 Pilar Hubungan yang Kokoh
Ilustrasi - Yolasite

Bisnis.com, JAKARTA - Secara ilmiah, tidak ada buku panduan pasti bagaimana membangun rumah tangga yang langgeng dan sehat, karena pada dasarnya masalah dalam tiap rumah tangga adalah berbeda-beda.

Sudah banyak disebutkan bahwa kunci keberhasilan dari sebuah hubungan adalah komunikasi dan kepercayaan. Tapi, nyatanya, masih banyak pasangan yang berpisah atau bercerai meskipun komunikasi dan kepercayaan terjaga.

Karena pada dasarnya ada banyak faktor yang menentukan sebuah pernikahan itu bisa langgeng dan sehat. Bukan hanya sekadar soal rasa cinta, yang bisa saja memudar seiring waktu.

Nah, jika Anda ingin memiliki hubungan pernikahan yang awet dengan pasangan, seyogyanya memiliki pilar kuat yang harus dipegang oleh masing-masing pasangan dalam berkomitmen menjalin hubungan. Berikut beberapa pilar penting tersebut seperti dilansir dari Boldsky.com :

1. Percaya dan Terima Pasangan

Kepercayaan adalah salah satu pilar terpenting dalam sebuah hubungan. Jika Anda tidak dapat mempercayai pasangan Anda, Anda tidak akan bisa mencintainya. Cobalah untuk membicarakannya jika Anda ragu dengan kesetiaannya. Tidak bijaksana mengakhiri hubungan karena alasan konyol. Sekalipun mereka telah melakukan kesalahan, belajarlah untuk memaafkan mereka dan menerimanya apa adanya.

2. Saling Menghormati

Cinta tidak bisa ada jika Anda tidak menghormati pasangan Anda dan karena itu, sangat penting bagi Anda untuk membiarkan mereka berbagi pemikiran, pendapat, atau ide mereka. Dorong mereka untuk memiliki suara sendiri. Ketika Anda saling menghormati, Anda tumbuh bersama dan mengakui pentingnya satu sama lain.

3. Komunikasi Yang Efektif Adalah Kuncinya

Komunikasi yang efektif adalah ketika Anda dan pasangan dapat membahas masalah, tantangan, dan menemukan landasan bersama untuk menyelesaikan konflik. Tidak baik untuk hubungan apa pun jika pasangan menciptakan batasan di sekitar mereka dan tidak berbagi apa pun dengan pasangannya, baik itu berita baik atau buruk. untuk

Argumen, kesalahpahaman atau kebencian tidak membuat hubungan menjadi kuat. Sangat penting bagi Anda untuk menjadi pendengar yang baik ketika pasangan Anda mengatakan sesuatu, juga memahami bahwa dia bukan pesaing Anda, jadi jangan mengejek mereka atau membuat komentar sarkastik.

4. Perawatan Diri Bukan Egois

Merawat pasangan Anda adalah salah satu cara efektif untuk menunjukkan seberapa besar Anda mencintai pasangan Anda, tetapi juga penting bagi Anda untuk peduli pada diri sendiri. Sangat sederhana bahwa ketika Anda mencintai diri sendiri, Anda memperlakukan orang lain dengan baik. Juga, pahami bahwa kepedulian berbeda dari mengkhawatirkan pasangan Anda, jadi berikan ruang pada pasangan Anda sendiri sehingga mereka cukup menghabiskan waktu yang cukup dengan diri mereka sendiri dan memiliki hubungan yang sehat dengan Anda juga.

5. Persahabatan Selalu Dihitung

Adalah hal yang baik jika persahabatan berkembang menjadi cinta. Sebelum jatuh cinta dengan pasangan Anda, Anda harus terhubung secara emosional dengan mereka. Jika Anda dan pasangan adalah teman baik maka ada kemungkinan Anda berdua memiliki minat, preferensi, dan tujuan yang sama, dan suka menikmati perusahaan satu sama lain bahkan di luar kamar Anda. Ini akan membantu Anda membangun kepercayaan dan akan membuat hubungan Anda kuat dalam banyak hal.

6. Saling belajar

Tidak ada dua manusia yang sama dan keunikan mereka yang membuat hubungan itu menarik karena keduanya dapat belajar banyak dari satu sama lain. Kekuatan hubungan juga ditentukan oleh seberapa indah Anda menerima kelemahan satu sama lain dan menghindari segala jenis konflik. Juga, jangan membandingkan hubungan Anda dengan orang lain dan buang waktu untuk perkelahian kecil. Yang penting adalah bahwa hubungan Anda bekerja untuk Anda dan Anda dan pasangan Anda senang untuk bersama satu sama lain.

7. Jujur dan Sering-sering ucapkan cinta

Memercayai pasangan saja tidak cukup, Anda harus jujur juga dalam hubungan Anda. Menyembunyikan hal-hal dari pasangan Anda ketika Anda tahu mereka tidak akan menyetujui perilaku tertentu Anda, bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Semakin Anda transparan dalam hubungan Anda, semakin kuat ikatan Anda dengan pasangan Anda. Jika Anda cenderung memiliki perselingkuhan dalam hubungan Anda, hal-hal yang mungkin berubah menjadi buruk.

8. Tetap rendah hati

Kerendahan hati adalah tanda orang kuat dan memaafkan seseorang pasti akan membuat hubungan Anda indah. Tidak ada yang salah dalam meminta maaf ketika Anda bersalah. Ini menunjukkan bahwa Anda rendah hati dan menghargai hubungan Anda lebih dari apa pun. Juga, jika pasangan Anda membuat kesalahan, maafkanlah mereka. Menyimpan dendam dapat menghabiskan banyak waktu dan karena itu, yang terbaik adalah melepaskannya.

9. Dukungan Emosional

Memberikan dukungan emosional kepada pasangan Anda adalah salah satu aspek terpenting untuk menjadikan hubungan Anda kuat. Terkadang pasangan Anda mengalami gangguan emosi dan merasa rendah diri. Dalam kasus seperti itu, berdiri di samping pasangan Anda dan memberikan dukungan emosional kepada pasangan Anda akan memperkuat hubungan Anda. Ini juga akan meningkatkan harga diri mereka di saat krisis dan juga akan membuat mereka menjadi orang yang lebih kuat. Jika Anda berdua selalu ada untuk satu sama lain, maka tentu saja hubungan Anda akan menjadi bahagia dan sehat

10. Waktu Adalah Hadiah yang Berharga

Waktu adalah salah satu hadiah berharga yang dapat Anda berikan kepada pasangan Anda. Selain menghormati ruang dan batas pasangan Anda, jika Anda memberi mereka sedikit perhatian, hubungan Anda pasti akan tetap sehat. Hal-hal materialistis tidak memperkaya hidup kita, jadi mengapa membuang waktu untuk itu. Uang bisa membeli kenyamanan, bukan kebahagiaan. Karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama pasangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
relationship

Sumber : Boldsky

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top