Jojo Rabbit / Fox Searchlight Pictures
Entertainment

Film Nominasi Oscar “Jojo Rabbit” Batal Tayang di China akibat Virus Corona

Syaiful Millah
Selasa, 4 Februari 2020 - 08:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Industri perfilman di China sedang berada di tengah gelombang musibah menjelang peringatan hari kasih sayang, Valentine karena penyebaran virus corona yang terus memakan korban.

Hal tersebut berimbas pada penarikan atau pembatalan penayangan beberapa judul film di bioskop Negeri Panda itu, termasuk ditariknya film nomine Best Picture Oscar berjudul Jojo Rabbit (2019) dan film-film lokal lainnya.

Dilansir dari Variety, Selasa (4/2/2020) Jojo Rabbit besutan sutradara Taika Waititi rencananya bakal tayang di China pada pertengahan Februari mendatang. Akan tetapi, distributor film telah membuat pengumuman resmi tentang pembatalan film tersebut.

“Karena pertimbangan untuk ruang tertutup bioskop dan risiko penularan penyakit. Kami berharap setiap orang dapat membatasi pergi ke luar dan secara aktif mengambil langkah-langkah perlindungan diri,” tulis National Arthouse Alliance of Cinemas, yang mendistribusikan film dalam sebuah pernyataan.

“Kami salut kepada para pekerja medis di garis depan pertempuran ini. National Arthouse Aliance akan secara aktif bekerja sama dengan langkah-langkah negara untuk memerangi epidemi dan memberikan kontribusi untuk menenangkan blokade melawan epidemi ini,” imbuh pernyataan itu.

Pesan-pesan positif dan patriorik yang membangkitkan retorika dengan istilah “pertempuran” melawan virus corona telah berkembang pesat di China. Negara tersebut terus mengambil langkah-langkah agresif untuk mencoba mengendalikan virus yang ada.

Adapun, Jojo Rabbit bukan satu-satunya film yang ditarik dari rencana penayangannya lantara adanya kekhawatiran penyebaran virus corona. Film lokal China berjudul The Enigma of Arrival besutan Song Wen yang juga dijadwalkan tayang Februari ini harus dibatalkan.

Sementara itu, film nomine Best Picture Oscar lainnya yakni Little Women (2019) besutan sutradara Greta Gerwig masih terdaftar untuk perilisan Hari Valentine. Akan tetapi, laporan menyebut bahwa kemungkinan besar film itu juga akan ditarik dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro