Virus Corona penyebab sindrom pernapasan MERS/bbc.co.uk
Health

Warga Negara China Positif Virus Corona Usai dari Bali, Ini Penjelasan Kemenkes

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 14 Februari 2020 - 07:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Warga Negara (WN) China atas nama Jin positif Covid-19 usai dari Bali.

Sebelumnya, pada tanggal 12 Januari 2020 Jin diinformasikan datang ke Indonesia melalui penerbangan Wuhan – Bali, kemudian pada tanggal 28 Januari 2020 ia kembali ke negaranya melalui penerbangan Bali – Shanghai menggunakan Maskapai Garuda.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Achmad Yurianto mengatakan pihaknya sudah menindaklanjuti informasi ini dengan mengonfirmasi maskapai Garuda. Informasi yang didapat ada dua orang penumpang bernama Jin, anak-anak dan dewasa.

“Kita mencoba melihat perhimpunan waktu, kalau seandainya tanggal 5 Februari (WN China) confirm positif Covid-19 artinya dia melewati masa inkubasi. Kami melihat data dari China menjadi positif itu ternyata di hari ke-10. Artinya kalau kita hitung mundur dari tanggal 5 mundur 10 hari itu ketemunya sekitar tgl 27 atau 28,” jelas dr. Yuri Kamis (13/2) di Natuna seperti dikutip dari laman resmi Kemenkes.

Lebih jauh dr. Yuri menjelaskan, tanggal 27 Januari WN China tersebut ada di Indonesia. Pihaknya mencoba melakukan kajian analisis data di Bali melalui spesimen. Hingga tanggal 27 Januari ada 14 spesimen pemeriksaan virus dari Bali dimana 14 spesimen itu dari 2 orang WNI dan 12 orang bukan WNI dan semua hasilnya negatif.

Tak hanya itu, Kemenkes juga melakukan pelacakan melalui data Sentinel Influenza Like Illness (ILI). Ternyata pada periode itu, lanjut dr. Yuri, tidak ada perubahan angka, tidak ada fluktuasi yang lebih tinggi.

Bahkan berdasarkan survei Pneumoni Berat angkanya pun tidak berubah. Sehingga pada tanggal 27 dapat disimpulkan tidak ada kemungkinan WN China terinfeksi Covid-19 di Bali.

Selanjutnya pada tanggal 28 Januari tepat kepulangan WN China ke negara asalnya, dr. Yuri menjelaskan pihaknya mencoba mencari data apa saja yang dilakukan oleh WN China tersebut di Shanghai.

“Ternyata aktivitas yang patut diduga setelah dia (WN China) turun dari bandara naik kendaraan umum, berjalan ke sana kemari, dan jika dihadapkan pada Sentinel ILI sangat mungkin terjadi penularan Covid-19 di sana,” kata dr. Yuri.

Kemenkes juga sedang melacak ke imigrasi, sepanjang WN China ada di Indonesia dari tanggal 12 -28 pergi kemana saja. Bahkan jika identitasnya sudah jelas diketahui akan mencoba dilacak ke hotel mana saja yang ia singgahi.

“Tetapi bagi kita sebenarnya bukan berbicara tentang WN China ini, tetapi bagaimana kita melakukan proteksi yang kuat, deteksi yang cermat di Bali. Karena WN China sudah ada di negaranya kita berdoa mudah-mudahan cepat sembuh. Nanti yang di Bali ini lah yang harus perlu kita pantau betul, jangan sampai menjadi sebuah hotspot (Covid-19),” ucap dr. Yuri.

Warga Negara China Positif Virus Corona Usai dari Bali, Ini Penjelasan Kemenkes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro