Konten Kreator Pakai TikTok Berbagi Tips Kesehatan

TikTok kini telah tersedia dalam 75 bahasa di 150 negara. Platform ini telah berkembang menjadi konten bermanfaat karena banyak digunakan untuk mencari referensi informasi dan berbagai tips menarik.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  15:10 WIB
Konten Kreator Pakai TikTok Berbagi Tips Kesehatan
Aplikasi Tik Tok di Play Store

Bisnis.com, BANDUNG - Aplikasi TikTok menjadi kanal baru bagi pembuat konten (content creator) dalam membagikan video bermanfaat. Tiktok kini sangat digandrungi, sebab efektif untuk berbagi tips kesehatan kepada masyarakat.

Salah satu pemilik pusat kebugaran Dien Limano. Melalui akunnya yang bernama @dienlimano, menepis anggapan yang menyebut bahwa karbohidrat harus dikurangi saat seseorang sedang melakukan diet.

Menurutnya, karbohidrat merupakan zat terpenting bagi tubuh dan merupakan sumber energi yang paling efisien. Dalam video yang telah dilihat lebih dari 14 ribu kali tersebut, Dien juga mengatakan menjelaskan fungsi air dalam program diet seseorang.

“Memang benar kalau kalian diet karbo, berat badan bisa turun dengan cepat. Tapi itu karena kalian kehilangan kadar air, padahal tubuh kita perlu air untuk berfungsi. Makanya orang yang diet karbo itu ujung-ujungnya banyak masalah, seperti pusing, ada yang pingsan lagi,” kata Dien dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (14/2/2020).

Dalam video lainnya di TikTok, Dien juga menjelaskan mengenai perbandingan dua orang dengan tinggi dan berat yang sama, namun yang satunya terlihat lebih ramping.

Dien berpendapat bahwa bobot tubuh itu bersumber dari otot atau lemak. Oleh karenanya, orang yang suka melakukan fitness akan cenderung memiliki tubuh yang terlihat lebih ramping karena massa otot yang padat. Sementara orang dengan berat badan yang sama namun tidak melakukan fitness, berat badannya cenderung diisi oleh lemak.

“Alasannya adalah, dengan berat yang sama, otot itu jauh lebih kecil dibanding lemak. Nah karena itu, mungkin badan kalian bisa sama-sama 55 kg, cuma yang berolahraga akan jauh lebih ramping. Jadi, jangan terlalu berpatok dengan angka timbangan, tapi berpatok pada bentuk tubuh yang sehat,” katanya dalam video.

Sementara itu, akun @tanyakandokter menggunakan TikTok untuk mengedukasi masyarakat seputar kehamilan dari sudut pandang dokter. Akun yang telah memiliki 164.000 follower dan 463.000 likes ini memberikan penjelasan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kehamilan dan melakukan tanya jawab dengan penontonnya dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan singkat, sesuai dengan durasi TikTok yaitu 15-60 detik.

Salah satu video yang paling banyak ditonton adalah saat @tanyakandokter menjawab pertanyaan caranya cepat hamil yang mendapat lebih dari 200.000 views. Video lainnya yang banyak diminati adalah seputar apakah ibu hamil boleh makan pedas hingga posisi tidur yang bagus untuk ibu hamil.

Saat ini TikTok makin diminati. Sejumlah orang dengan latar profesi yang berbeda berusaha membagikan pengetahuannya melalui platform TikTok. Dengan tersedia dalam 75 bahasa di 150 negara, platform ini telah berkembang menjadi konten bermanfaat karena banyak digunakan untuk mencari referensi informasi dan berbagai tips menarik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
TikTok

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top