Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia./wikipedia
Entertainment

Aljazair Segera Dirikan Monumen Soekarno

Thomas Mola
Senin, 17 Februari 2020 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Monumen Soekarno akan dibangun di Alger, Ibu Kota Aljazair setelah dilakukan peletakan batu pertama pada Minggu (16/2). Monumen proklamator itu merupakan wujud persahabatan erat antara Indonesia dan Aljazair. 

Safira Machrusah, Duta Besar Indonesia untuk Aljazair mengatakan sejak dulu Aljazair memiliki hubungan persahabatan yang erat dengan Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Aljazair.

“Hubungan itu ditandai dengan beberapa hal termasuk dukungan kuat Indonesia atas upaya kemerdekaan Aljazair melalui penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (17/2/2020).

Adapun, pendirian Monumen Soekarno merupakan upaya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KBRI Alger dengan dukungan PT Wijaya Karya (WIKA) dan PT Pertamina di Aljazair.

Di negara Afrika Utara ini, WIKA misalnya menggarap beberapa proyek konstruksi salah satunya proyek Logement di Baraki dan El Harrach, Aljazair.

Nah, monumen Soekarno dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dalam desain awal, monumen yang berbentuk patung setengah badan itu berada di tengah-tengah lingkaran bulan sabit berwarna hijau sebagai lambang bendera negara Aljazair. Soekarno memang sangat populer di Aljazair.

Sebagai informasi, Soekarno berperan sangat besar dalam mendorong pembebasan negara-negara di benua Asia dan Afrika dari belenggu penjajahan.

Besarnya peran Soekarno dan eratnya hubungan politik dan emosional antara Indonesia dan Aljazair, kata Abdelkader Zoukh, merupakan modal berharga bagi kedua bangsa untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Zoukh bahkan segera menyusun langkah-langkah konkret dan memulai program kerja sama melalui wadah sister city Bandung-Aljir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro