Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aljazair Segera Dirikan Monumen Soekarno

Eratnya hubungan Indonesia dengan Aljazair yang telah dibangun sejak zaman Soekarno menimbulkan ikatan emosional bagi dua negara ini.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 17 Februari 2020  |  16:27 WIB
Aljazair Segera Dirikan Monumen Soekarno
Presiden Soekarno membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. - wikipedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Monumen Soekarno akan dibangun di Alger, Ibu Kota Aljazair setelah dilakukan peletakan batu pertama pada Minggu (16/2). Monumen proklamator itu merupakan wujud persahabatan erat antara Indonesia dan Aljazair. 

Safira Machrusah, Duta Besar Indonesia untuk Aljazair mengatakan sejak dulu Aljazair memiliki hubungan persahabatan yang erat dengan Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mendukung kemerdekaan Aljazair.

“Hubungan itu ditandai dengan beberapa hal termasuk dukungan kuat Indonesia atas upaya kemerdekaan Aljazair melalui penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (17/2/2020).

Adapun, pendirian Monumen Soekarno merupakan upaya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KBRI Alger dengan dukungan PT Wijaya Karya (WIKA) dan PT Pertamina di Aljazair.

Di negara Afrika Utara ini, WIKA misalnya menggarap beberapa proyek konstruksi salah satunya proyek Logement di Baraki dan El Harrach, Aljazair.

Nah, monumen Soekarno dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dalam desain awal, monumen yang berbentuk patung setengah badan itu berada di tengah-tengah lingkaran bulan sabit berwarna hijau sebagai lambang bendera negara Aljazair. Soekarno memang sangat populer di Aljazair.

Sebagai informasi, Soekarno berperan sangat besar dalam mendorong pembebasan negara-negara di benua Asia dan Afrika dari belenggu penjajahan.

Besarnya peran Soekarno dan eratnya hubungan politik dan emosional antara Indonesia dan Aljazair, kata Abdelkader Zoukh, merupakan modal berharga bagi kedua bangsa untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Zoukh bahkan segera menyusun langkah-langkah konkret dan memulai program kerja sama melalui wadah sister city Bandung-Aljir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

soekarno
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top