Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim/Twitter@Kemdikbud_RI
Relationship

Pesan Menteri Termuda Untuk Anak Muda

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 20 Februari 2020 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wishnutama, Nadiem Makarim, Erick Thohir, adalah sosok 3 menteri muda di Kabinet Indonesia Maju. Ketiganya kerap disapa “mas menteri”.

Sebagai Menteri termuda, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim punya tiga pesan khusus untuk anak muda saat menghadiri #1DekadeMataNajwa.

“Ada tiga hal yang dibutuhkan anak muda. Pertama, keberanian untuk mengikuti kata hati. Tidak terdorong dari hal-hal di luar diri. Kedua, punya kemampuan untuk memecahkan berbagai macam permasalahan.

Ketiga, kemampuan untuk kerja sama dan kolaborasi. Apa pun itu, baik dalam dunia kerja atau rumah tangga, membutuhkan collaborative effort,” tutur Nadiem dalam siaran resmi yang diterima Bisnis, Kamis (20/2/2020).

Whisnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kemudian menimpali Nadiem dengan kalimat,”Pasti ada jalan,” yang langsung direspons penonton dengan tawa. Najwa Shihab, tuan rumah Mata Najwa kemudian mempersilakan Wishnutama menyampaikan pesan khususnya untuk anak muda.

“Untuk mencapai tujuan memang butuh waktu. Yang penting niatnya dulu. Niat untuk melakukan perubahan. Anak muda harus menjadi motor bagi perubahan. Yang muda-muda pasti lebih mudah untuk berubah. Namanya inovasi tidak pernah terjadi dengan cara lama. Anak muda selalu saya jadikan semangat melakukan perubahan.”

Sedangkan bagi Erick Thohir sang Menteri BUMN lebih fokus kepada akhlak anak muda. “Kuncinya satu akhlak. Bagaimana anak muda mengelola secara profesional dan transparan. Kalau bisa tambah banyak direksi yang milenial, sekarang baru lima. Target saya 10 sampai 15 orang. Tidak susah asal diberi kesempatan. Saya sedang mencoba membuat forum milenial, training-training, kita bawakan speaker global agar pandangan mereka terbuka,” ujar Erick Thohir.

Perayaan #1DekadeMataNajwa mengangkat tema “Kita Bisa Apa” untuk mengingatkan anak muda pada gerakan nyata yang bisa dilakukan untuk satu dekade ke depan. “Sepuluh tahun mengudaranya Mata Najwa tidak dirayakan sekadar sebagai nostalgia dan selebrasi mundur. Sepuluh tahun Mata Najwa adalah rentang pembelajaran untuk setidaknya sepuluh tahun ke depan. Dan salah satu hasil pembelajaran yang kian kami yakini, anak muda adalah rekan terbaik untuk menyongsong itu,” ungkap Najwa Shihab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro