Antibiotik/telegraph.co.uk
Health

Dampak Sembarangan Beri Antibiotik pada Anak

JIBI
Kamis, 20 Februari 2020 - 08:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang tua dengan mudah memberikan antibiotik pada anaknya ketika flu dan demam.

Padahal, antibiotik bukanlah obat yang tepat untuk menangkal flu.

Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Bambang Supriyanto mengatakan bahwa anak bisa sembuh dengan sendirinya. “Cukup bersabar saja, imunitas tubuh akan bekerja dan anak bisa sembuh,” katanya seperti dikutip dari Tempo.co.

Antibiotik memang diperlukan apabila flu dan demam diikuti dengan indikasi lainnya seperti suhu tubuh di atas 38,5 derajat selsius, ada benjolan di leher, ada bintik-bintik putih menyerupai nanah pada leher, flu dan demam namun tidak disertai batuk, serta berusia tiga sampai 14 tahun. “Setidaknya harus ada empat dari indikasi yang muncul baru boleh minum antibiotik,” katanya. 

Lalu, bagaimana jika anak minum antibiotik setiap flu dan demam padahal tidak dibutuhkan? Dua dampak pun bisa dialami anak. Bambang menjelaskan bahwa yang pertama adalah resistensi antibiotik. “Ini adalah kondisi saat anak membutuhkan antibiotik dan minum obat, tidak mempan karena virus dan bakterinya sudah kebal,” katanya.

Dampak berikutnya adalah risiko asma. Menurut Bambang, anak yang memiliki bakat asma sejak kecil dan sering minum antibiotik memiliki risiko besar untuk benar-benar mengalami masalah pernapasan itu. Tak heran, ia pun mengimbau agar orang tua tidak mudah memberi antibiotik pada anak.

“Sesuai dengan indikasi dan tidak berlebihan, itu yang terpenting agar jauh dari dampak buruknya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro