Ilustrasi/epochtimes
Health

Vaksin Influenza Tak Bisa Cegah Virus Corona

Nirmala Aninda
Rabu, 4 Maret 2020 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merebaknya virus corona (Covid-19) di sejumlah negara di dunia meningkatkan kewaspadaan terhadap antisipasi kesehatan dan penularan penyakit.

Meski demikian, kerap terjadi kekeliruan di antara masyarakat tentang cara mencegah penularan virus corona. Ketua PP Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) Muhammad Ilyas meluruskan bahwa vaksin influenza tidak dapat mencegah penularan infeksi virus corona.

"Seseorang yang tidak atau belum mendapatkan vaksin influenza memang akan lebih rentan dengan infeksi virus dan tertular penyakit, namun vaksin ini bukan untuk mencegah Covid-19 karena sifatnya hanya dapat menjaga tubuh dari virus influenza," ujarnya dalam paparan Manfaat Vaksin Influenza, di Jakarta, Rabu (4/3).

Hingga saat ini, memang belum ada vaksin yang dapat menangani virus corona. Namun, ada beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus seperti memperhatikan perilaku hidup bersih, sehat, mengkonsumsi air yang cukup serta istirahat yang memadai.

"Biasakan cuci tangan atau gunakan alat pelindung seperti masker dengan benar untuk melakukan pencegahan dan penularan virus," katanya.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis vaksin influenza yakni vaksin inaktif dan vaksin hidup (live-attenuated vaccine).

Vaksin influenza yang tersedia di Indonesia saat ini adalah vaksin inaktif (purified split inactivated influenza virus) antara lain vaksin trivalen dan vaksin quadrivalent.

Influenza disebabkan oleh virus influenza A dan B juga memiliki tingkat penularan tinggi yang dapat ditularkan melalui udara, percik renik dari batuk dan bersin, atau kontak langsung dengan penderita.

Penularan influenza sering kali terjadi di tempat ramai dan menginfeksi individu yang mengabaikan tindakan pencegahan dan atau memiliki kekebalan tubuh rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro