Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Vaksin Influenza Tak Bisa Cegah Virus Corona

Hingga saat ini, dunia kesehatan dan para medis belum menemukan vaksin yang tepat untuk menangani virus corona (Covid-19).
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 04 Maret 2020  |  13:13 WIB
Ilustrasi - epochtimes
Ilustrasi - epochtimes

Bisnis.com, JAKARTA - Merebaknya virus corona (Covid-19) di sejumlah negara di dunia meningkatkan kewaspadaan terhadap antisipasi kesehatan dan penularan penyakit.

Meski demikian, kerap terjadi kekeliruan di antara masyarakat tentang cara mencegah penularan virus corona. Ketua PP Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (PERDOKHI) Muhammad Ilyas meluruskan bahwa vaksin influenza tidak dapat mencegah penularan infeksi virus corona.

"Seseorang yang tidak atau belum mendapatkan vaksin influenza memang akan lebih rentan dengan infeksi virus dan tertular penyakit, namun vaksin ini bukan untuk mencegah Covid-19 karena sifatnya hanya dapat menjaga tubuh dari virus influenza," ujarnya dalam paparan Manfaat Vaksin Influenza, di Jakarta, Rabu (4/3).

Hingga saat ini, memang belum ada vaksin yang dapat menangani virus corona. Namun, ada beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kekebalan tubuh dari virus seperti memperhatikan perilaku hidup bersih, sehat, mengkonsumsi air yang cukup serta istirahat yang memadai.

"Biasakan cuci tangan atau gunakan alat pelindung seperti masker dengan benar untuk melakukan pencegahan dan penularan virus," katanya.

Perlu diketahui bahwa ada dua jenis vaksin influenza yakni vaksin inaktif dan vaksin hidup (live-attenuated vaccine).

Vaksin influenza yang tersedia di Indonesia saat ini adalah vaksin inaktif (purified split inactivated influenza virus) antara lain vaksin trivalen dan vaksin quadrivalent.

Influenza disebabkan oleh virus influenza A dan B juga memiliki tingkat penularan tinggi yang dapat ditularkan melalui udara, percik renik dari batuk dan bersin, atau kontak langsung dengan penderita.

Penularan influenza sering kali terjadi di tempat ramai dan menginfeksi individu yang mengabaikan tindakan pencegahan dan atau memiliki kekebalan tubuh rendah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

flu vaksin influenza Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top