Tas punggung/Istimewa
Relationship

Seniman Nigeria Sulap Limbah Plastik Jadi Tas Unik

Nirmala Aninda
Kamis, 5 Maret 2020 - 18:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Limbah botol dan kantong plastik yang menyumbat saluran-saluran air di kota Lagos, Nigeria, membuat seniman visual, Adeyemi Emmanuel, putus asa.

Tahun lalu, dia berinisiatif untuk mulai mengumpulkan plastik bekas dan menggunakannya untuk membuat ransel. Kemudian Emmanuel menciptakan serangkaian koleksi tas, dompet dan kotak hadiah yang terbuat dari 80 persen limbah plastik dan 20 persen terbuat dari kulit.

Dilansir melalui Strait Times, cara yang dilakukan oleh Emmanuel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di Nigeria yang sadar mode. Dia mengumpulkan potongan plastik bekas secara manual, seperti sisa dari bingkai foto, terutama didapatkan dari bengkel kerajinan.

Dia kemudian membentuk potongan tersebut agar sesuai dengan desainnya, mewarnainya dengan cat semprot dan membuat sebuah tas kulit sederhana yang dapat temukan di pasar loak atau dari toko barang antik.

"Saya memaksa diri untuk menciptakan sesuatu dari limbah itu," kata perempuan berusia 23 tahun itu, yang pekerjaan utamanya adalah sebagai pematung.

Tas-tas tersebut dijual dengan harga antara 8.000 naira atau sekitar US$22,5 dan 30.000 naira melalui akun Instagram Emmanuel, tempat ciptaannya dilihat dan dibagikan kepada 10.000 pengikutnya.

Sampah plastik, dalam bentuk kantong bekas atau kemasan makanan dan minuman, ada di mana-mana di Lagos, sebuah kota berpenduduk 20 juta orang di mana membuang sampah sembarangan adalah hal biasa.

Badan Administrasi dan Keamanan Maritim Nigeria baru-baru ini meluncurkan rencana untuk menangani pengelolaan sampah dan plastik di laut karena saluran air kota Lagos mengarah ke Teluk Guinea, memicu kekhawatiran tentang jumlah plastik yang masuk ke perairan.

Nigeria menduduki peringkat negara kesembilan di dunia untuk polusi lingkungan laut terparah.

Kantong plastik sudah dilarang di beberapa kawasan lain di Afrika. Kenya memiliki salah satu hukum terberat di dunia, di mana produksi atau penjualan kantong plastik dapat dihukum hingga empat tahun penjara atau denda US$40.000.

Tetapi di Nigeria, di mana usia rata-rata adalah 18 tahun dan pengaruh budaya seniman dapat dilihat dalam keberhasilan industri film Nollywood dan musik Afrobeats, Emmanuel melihat mode sebagai cara untuk membuat dampak positif pada lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro