Ilustrasi/Wisegeek
Relationship

Tips Mendapatkan Restu Orang Tua Ketika Akan Menikah

Newswire
Jumat, 6 Maret 2020 - 06:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak pasangan yang terhalang hubungan dan niatnya menikah karena tidak adanya restu dari orangtua.

Hal itulah yang membuat keputusan mereka menikah diam-diam atau biasa diiistilahkan dengan kawin lari.

Bila Anda sudah mantap pada hubungan dengan pasangan namun terhalang restu orang tua? Psikolog bidang hubungan cinta, Pingkan Rumondor punya cara untuk membantu.

"Sebelum meyakinkan ke keluarga, kita perlu menyakinkan diri kita dulu. Kita harus paham, aware dulu, kita kalau mau mencari pasangan apa yang kita butuhkan. Visi seperti apa kalau mau berkeluarga. Komunikasikan ini ke pasangan dulu," ujar dia dikutip dari Antara.

Setelah itu, coba komunikasikan pada orang tua. Pahami apa yang orang tua inginkan dari pasangan kita, keberatan-keberatan mereka.

"Sebelum ngomong dengarkan dulu apa concerned orang tua dan orang sekitar, apa keberatan-keberatan mereka. Dari situ berusaha tunjukan apa yang mereka khawatirkan tidak akan terjadi," tutur Pingkan.

Sebagai contoh, jika orang tua keberatan pada profesi pasangan karena penghasilannya dipandang tak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari nantinya, coba yakinkan kekhawatiran ini tidak akan terjadi.

"Tunjukan dia pekerja keras, bisa punya penghasilan cukup untuk keluarga. Atau pasangannya bekerja sehingga mereka punya strategi untuk mengatasi kekurangan," papar Pingkan.

Dia menyarankan, carilah situasi yang relatif santai saat berbicara. Mulailah dengan kata "saya", lalu ungkapkan perasaan Anda. Bukalah diskusi bersama orang tua dalam suasana santai.

Pingkan menambahkan, pasangan juga perlu melakukan hal sama dengan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro