Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

Perkembangan Vaksin Virus Corona dan Terapi Tertarget

Syaiful Millah
Selasa, 10 Maret 2020 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus global dari penyakit Covid-19 telah melampaui angka 100.000. Para peneliti terus mencari cara untuk mencegah infeksi virus baru tersebut.

Virus corona baru yang disebut dengan SARS-CoV-2 memiliki kemiripan kuat dengan virus lain dalam keluarga corona, khususnya yang menyebabkan penyakit SARS dan MERS.

Untuk itu, peneliti mencoba memahami bagaimana virus dapat masuk ke dalam sel. Hal ini menjadi penting untuk dapat mengidentifikasi bagaimana pula cara menghentikan proses yang terjadi.

Terkait dengan kasus virus baru ini, muncul dua makalah baru di jurnal Cell yang menyelidiki bagaimana SARS-CoV-2 menginfeksi sel. Makalah tersebut melaporkan bahwa virus corona baru memanfaatkan mekanisme yang sama untuk entri virus SARS.

Lebih penting lagi, kedua tim peneliti mencari cara untuk mengganggu proses ini dengan menggunakan penghambat enzim dan antibodi terhadap virus SARS.  

Makalah menyebutkan bahwa SARS-CoV-2 adalah jenis virus yang disebut sebagai virus RNA yang diselimuti. Artinya, materi genetik dikodekan dalam molekul RNA untai tunggal yang dikelilingi oleh membran sel yang diambil dari sel terakhir yang terinfeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro