Petugas menggunkan pakaian khusus saat melakukan penyemprotan cairan disinfektan saat proses sterilisasi pada pesawat Lion Air Boeing 737-800 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Health

Menurut Studi, Virus Corona dapat Hidup di Udara Beberapa Jam

Newswire
Rabu, 18 Maret 2020 - 11:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang mempertimbangkan tindakan pencegahan melalui udara untuk staf medis mereka setelah sebuah studi baru menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di udara dalam partikel halus yang dikenal sebagai aerosol.

"Virus Corona diketahui ditularkan melalui tetesan, atau sedikit cairan, sebagian besar melalui bersin atau batuk," ujar Dr. Maria Van Kerkhove, kepala unit penyakit dan zoonosis WHO, kepada wartawan saat konferensi pers virtual pada hari Senin (16/3/2020).

"Ketika Anda melakukan prosedur yang menghasilkan aerosol seperti di fasilitas perawatan medis, Anda memiliki kemungkinan melakukan aerosolisasi partikel-partikel ini. Yang berarti mereka dapat tinggal di udara sedikit lebih lama."

"Sangat penting bahwa petugas kesehatan mengambil tindakan pencegahan tambahan ketika mereka bekerja pada pasien dan melakukan prosedur itu," tambahnya.

Sebelumnya sebuah penelitian mengungkap bahwa virus Corona SARS-CoV-2 dapat bertahan hidup di udara selama beberapa jam dalam partikel halus yang dikenal sebagai aerosol.

Virus Corona, yang menyebabkan infeksi pernafasan dapat dideteksi hingga 3 jam setelah aerosolisasi dan dapat menginfeksi sel sepanjang periode waktu itu, menurut penulis penelitian, sebagaimana dikutip Live Science, 14 Maret 2020.

Penelitian itu, yang pertama kali diposting 10 Maret di database preprint medRxiv, masih merupakan penelitian awal, karena belum mengalami peer-review yang luas. Para penulis menerima komentar dari satu jurnal ilmiah prospektif, dan memposting versi terbaru dari penelitian pada 13 Maret yang mencerminkan revisi.

Dengan asumsi hasil awal ini, transmisi aerosol dari SARS-CoV-2 tampaknya masuk akal, tulis para penulis - tetapi beberapa pertanyaan kunci tetap tidak terjawab.

"Kami masih belum tahu seberapa tinggi konsentrasi SARS-CoV-2 yang layak dalam praktik untuk menginfeksi manusia, meskipun ini adalah sesuatu yang kami modelkan di masa depan," ujar rekan penulis Dylan Morris, seorang mahasiswa pascasarjana di Departemen Ekologi dan Biologi Evolusi di Universitas Princeton, kepada Live Science melalui email.

Menurut Morris, aerosolisasi kemungkinan terjadi dalam pengaturan perawatan kesehatan, dan tidak terjadi dalam kondisi sehari-hari yang umum.

Selama wabah SARS pada 2002-2003, aerosol mendorong penyebaran virus yang parah dalam pengaturan perawatan kesehatan, kata Gordon.

Secara khusus, penggunaan intubasi (di mana tabung dimasukkan ke tenggorokan pasien) dan nebuliser (yang mengubah obat menjadi kabut yang dapat dihirup) menghasilkan aerosol dan meningkatkan risiko penularan virus ke penyedia layanan kesehatan.

Selain itu, aerosol yang dikeluarkan dalam feses kemungkinan mendorong dua peristiwa superspreader SARS dalam pengaturan perawatan kesehatan, satu di kompleks apartemen dan yang lainnya di sebuah hotel.

"Jika terhirup, aerosol halus sering melakukan perjalanan lebih jauh ke dalam tubuh daripada tetesan pernapasan berat, dan memicu infeksi parah di paru-paru," ujar Morris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro