Masyarakat yang berusia lanjut usia perlu mewaspadai tiga hal yang menjadi sumber penularan Covid-19./Antara-Ilustrasi
Health

Kelompok Lansia Wajib Waspadai Tiga Sumber Penularan Corona Ini

Devi Sri Mulyani
Minggu, 29 Maret 2020 - 13:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Masyarakat yang berusia lanjut usia perlu mewaspadai tiga hal yang menjadi sumber penularan Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Prof. dr. Purnawan, M.Ph., P.Hd saat hadir memberi paparan di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Minggu (29/03/2020).

Dilansir BNPB, ada 3 sumber penularan Covid-19, yang pertama adalah barang-barang yang dikirim secara daring, kedua uang tunai, dan ketiga interaksi antara cucu dan kakek.

"Barang-barang yang kita terima secara online itu kan kita tidak tahu bagaimana prosesnya, bagaimana yang ngantar, ini harus kita perlakukan sebagai benda terinfeksi, untuk uang cash itu akan menular dari orang ke orang jadi itu harus ada caranya, kalau saya pegang pakai plastik dan saya taruh di tempat khusus di rumah," ujar Purnawan.

Sementara itu, interaksi antara cucu dan kakek juga agak riskan terjadinya penularan. Hal tersebut merujuk pada kakek yang termasuk dalam kelompok berisiko usia lanjut. Menurut Purnawan, interaksi antara kakek dan cucu ini harus dilakukan secara hati–hati dan waspada.

Saat ini pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk melakukan kegiatan produktif seperti bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Tidak hanya melakukan kegiatan produktif, masyarakat harus tetap menjaga kebersihan diri dengan rajin mencui tangan. Hal itu perlu dilakukan sebagai langkah pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Devi Sri Mulyani
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro