Warga di Dukuh Kesongo RT02/RW01 Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, memiliki cara unik dalam menjaga kampungnya dari para pendatang untuk mencegah berkembangnya virus Corona. Mereka menjadi pocong. Istimewa - Jakusa.
Entertainment

Aksi Pocong Usir Corona Viral di Korea, Ini Videonya

Fitri Sartina Dewi
Kamis, 2 April 2020 - 10:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Berbagai cara yang unik dilakukan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan tempat tinggalnya. Salah satunya ialah dengan berpenampilan menyerupai pocong. 

Cara itu dilakukan para pemuda di Dukuh Kesongo RT02/RW01 Desa Kepuh, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah yang memilih untuk berpenampilan seperti pocong untuk membuat para warga tetap di rumah.

Aksi ini ternyata mendapatkan sorotan dari media asing. Stasiun televisi Korea MBC News turut memberitakan mengenai aksi unik pocong dalam mencegah penyebaran virus Corona.

Pembawa berita MBC News mengatakan bahwa sosok pocong ini berkeliling di area perkampungan untuk mencegah para warga agar tidak keluar rumah di tengah pandemi Corona. Selain itu, para pocong tersebut juga berjaga di gerbang keluar masuk desa.

Diberitakan Bisnis sebelumnya, Alih-alih menggunakan portal ataupun kayu, para pemuda yang tergabung dalam wadah kepemudaan Wijaya Kusuma (Jakusa) tersebut memilih menggunakan pocong untuk menjaga gerbang masuk kampung mereka.

"Itu kreativitas teman-teman pemuda aja. Semacam ikut-ikutan semacam lockdown untuk mengurangi pergerakan warga, agar menekan penyebaran virus corona," tutur Anjar Panca atau yang akrab disapa Goank, Marbot Masjid Al Himmah Dukuh Kesongo, Selasa (31/3/2020).

Goank, yang juga mantan Ketua Pemuda Wijaya Kusuma tersebut, juga mengklarifikasi bahwa sebelumnya juga sempat heboh di dunia maya terkait foto dua pocong yang sedang duduk di depan gerbang tersebut.

Pasalnya, hasil jepretan kamera yang memperlihatkan dua sosok pocong sedang berjaga tersebut sempat ada yang mengaku bahwa foto itu terjadi di Kabupaten Purworejo. Padahal aslinya di Kesongo, Kepuh, Kabupaten Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro