Seorang peneliti bekerja di laboratorium pusat pencegahan dan pengendalian penyakit di Nanyang, Provinsi Henan, China tengah, pada 4 Februari 2020./Antara-Xinhua
Health

Kabar Gembira, Uji Coba Vaksin Covid-19 di Inggris Rampung Agustus

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 April 2020 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Titik cerah terkait vaksin virus corona atau covid-19 muncul di negara Inggris.

Juru bicara negara tersebut mengatakan jika uji coba vaksin covid-19 pada manusia bakal rampung pertengahan Agustus 2020.

Profesor Sir John Bell dari universitas Oxford mengatakan mengatakan jika tes pertama Inggris pada manusia itu sukses, maka miliaran vaksin dapat  segers diproduksi.

Dia menekankan bahwa uji coba yang tepat sangat penting untuk keselamatan, namun dia optimistis jika kesiapan vaksin sudah selesai Mei 2020 dan mulai diujicobakan sehingga hasilnya bisa diketahui pada Agustus 2020.

"Namun, tentu saja, ada masalah besar tentang bagaimana Anda memproduksi dalam skala miliaran dosis," ujarnya dikutip dari Metro.co.uk.

Pernyataan ketersediaan vaksin ini menjadi harapan baru dunia, setelah sebelumnya para ahli menyatakan vaksin kemungkinan baru akan tersedia 18 bulan lagi.

"Yang penting adalah Anda harus melakukan uji coba yang tepat karena keselamatan sangat penting untuk hal-hal ini. Tetapi jika kita dapat melihat bukti respon kekebalan yang kuat pada pertengahan atau akhir Mei, maka saya pikir permainannya sudah berjalan.” tambahnya.

Sir John mengatakan uji coba manusia terhadap vaksin potensial lain telah dimulai di Universitas Oxford pada hari Kamis, setelah berbagai studi keselamatan.

Namun, seorang juru bicara Universitas Oxford mengatakan uji coba belum benar-benar dimulai pada manusia kemungkinan minggu depan.

Sir John adalah bagian dari gugus tugas para ilmuwan dan produsen terkemuka Inggris yang bertujuan mengembangkan vaksin dengan 21 proyek dengan biaya senilai £14 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro