Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Produsen Klaim Kloset Duduk Lebih Higienis, Ini Alasannya

Perilaku penggunaan kloset secara higienis dinilai sangat perlu dilakukan untuk mencegah penularan penyakit.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 20 April 2020  |  12:53 WIB
Kloset duduk buatan PT Surya Toto Indonesia Tbk. - Surya Toto
Kloset duduk buatan PT Surya Toto Indonesia Tbk. - Surya Toto

Bisnis.com, JAKARTA –PT Surya Toto Indonesia Tbk. (TOTO) menilai penggunaan kloset duduk bisa menjamin higienitas produk sanitasi dibandingkan dengan kloset jongkok. 

Berdasarkan keterangan resmi yang dilansir perseroan, Senin (20/4/2020), penggunaan kloset yang mempunyai penutup dan sistem flush yang memadai terilang penting untuk menjaga kehigienisan seperti yang ditawarkan oleh produk TOTO.

“Di Indonesia sendiri, beberapa kalangan masyarakat masih memilih untuk menggunakan kloset jongkok, padahal dalam menghadapi pandemi COVID-19 seperti saat ini, penggunaan kloset duduk adalah pilihan yang terbaik,” tulis manajemen Surya Toto

Secara medis, kloset duduk lebih higienis dan aman digunaka, sedangkan kloset jongkok berpotensi besar mempromosikan penyebaran COVID-19 lewat cipratan kotoran tinja atau urine yang keluar dari kloset ke udara.

Pernyataan tersebut juga diperkuat oleh dr Cri Sajjana Prajna Wekadigunawan, Ph. D, pengurus pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat (IAKMI) bidang Promosi Kesehatan dan Kesehatan Keluarga yang meyakini bahwa penyebaran COVID-19 tidak hanya melalui droplets saja tetapi juga bisa melalui feses atau kotoran manusia.

“Jadi memang benar seharusnya mereka yang hendak menggunakan toilet, apalagi toilet umum, sebaiknya setelah selesai menggunakannya, menutup tutup klosetnya terlebih dahulu sebelum  di-flush,” tutur Weka.

Lebih jauh Weka mengatakan perilaku penggunaan kloset secara higienis sangat perlu dilakukan. Pasalnya, penularan yang menyebabkan sakit perut, diare, mual, muntah biasanya melalui mulut. Tangan yang tercemar feses sering tidak sengaja digunakan orang untuk makan dan minum bahkan menggigit kuku.

Hal senada juga disampaikan Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso. Menurutnya, perilaku bersih dalam menggunakan toilet sangat penting untuk mencegah menyebarnya berbagai macam virus penyakit termasuk COVID-19.

“Sudah seharusnya kita mulai mendidik masyarakat dan memperbaiki sanitasi toilet umum guna menciptakan perilaku bersih,” pungkas Naning.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan sanitasi
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top