Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Maksimalkan Ibadah Selama Ramadan Pakai Aplikasi Smartphone

Anda bisa memaksimalkan peran smartphone, untuk semakin mendekatkan diri dengan Sang Pencipta selama Ramadan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 27 April 2020  |  13:36 WIB
Oppo A7 - Oppo
Oppo A7 - Oppo

Bisnis.com, JAKARTA – Ramadan tahun ini jauh berbeda dengan Ramadan di tahun-tahun sebelumnya. Pandemi virus corona jenis baru atau Covid-19 membuat seluruh aktivitas keagamaan umat Islam yang biasanya dilakukan selama Ramadan dibatasi atau bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa memaksimalkan Ramadan tahun ini untuk makin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta atau mendalami ilmu agama.

Karena Anda masih bisa memanfaatkan ponsel pintar sebagai sarana pendukung kegiatan selama Ramadan tahun ini dengan mengunduh aplikasi khusus.

Salah satu aplikasi yang bisa Anda jadikan sarana untuk memaksimalkan ibadah dari rumah selama Ramadan melalui ponsel pintar adalah Umma. Aplikasi tersebut tersedia bisa Anda unduh secara cuma-cuma dari Google Play Store maupun Apple App Store.

Aplikasi yang selama ini dikenal lewat fitur jadwal salat, penunjuk arah kiblat berbasis global positioning system (GPS) dan Al-Qur’an itu menghadirkan sejumlah fitur spesial menyambut hadirnya bulan suci pada tahun ini, antara lain Jurnal Ibadah Harian, Klinik Baca Al-Quran, dan Live Streaming Kajian.

Fitur Jurnal Ibadah Harian merupakan fitur pengingat bagi pengguna umma untuk melakukan kegiatan ibadah sehari-hari. Fitur tersebut juga dilengkapi dengan penanda pencapaian ibadah setiap harinya berdasarkan aktivitas pengguna di dalam aplikasi.

Melalui fitur Klinik Baca Al- Qur'an Anda dapat mengecek kaidah pembacaan Al-Qur’an yang baik dan benar dengan mengirimkan rekaman pembacaan Al-Qur’an melalui fitur unggah video di Umma. Kemudian ustadz yang ada di Umma akan memberikan evaluasi.

Terakhir, adalah fitur Live Streaming Kajian yang memungkinkan pengguna Anda berdiskusi maupun melakukan tanya jawab dengan ustaz langsung dari aplikasi. Materi akan disampaikan pada waktu sahur dan menjelang buka puasa.

Menurut Co-Founder dan CEO umma Indra Wiralaksmana, fitur tersebut dihadirkan khusus untuk mengurangi rasa rindu umat Islam hadir di majelis ilmu atau pesantren kilat yang biasanya dilakukan setiap Ramadan.

"Umma siap membantu umat muslim Indonesia untuk terus bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik atau khairu ummah melalui pemanfaatan teknologi untuk beribadah selama di rumah,” terang Indra.

Selain itu, untuk lebih menyemarakkan Ramadan di rumah, Umma juga akan mengadakan program One Day One Juz setiap waktu berbuka puasa dan pembuatan kartu ucapan elektronik di dalam aplikasi untuk dibagikan melalui media sosial.

Anda juga bisa mendalami ilmu agama dengan mengunduh aplikasi Cakap yang selama ini dikenal sebagai aplikasi untuk mempelajari sejumlah Bahasa asing. Aplikasi tersebut kini menyediakan platform khusus Awadah Dakwah yang diinisiasi oleh Yenny Wahid bekerjasama dengan WIR Group.

Putri dari Presiden keempat RI itu mengatakan Awadah Dakwah hadir untuk menyebarkan ajaran kebaikan dan ajaran Islam secara daring di tengah kondisi yang mengharuskan umat Islam untuk tetap beribadah dan belajar di rumah.

"Awadah Dakwah bersama Cakap dan WIR Group menginisiasi platform dakwah online live yang bisa diakses melalui aplikasi dimana para ustadz dan ulama bisa berinteraksi langsung melalui fitur live video dan chat selama siaran berlangsung,” katanya.

Awadah Dakwah ini dapat diakses melalui aplikasi Cakap yang tersedia untuk perangkat berbasis Android maupun IOS secara cuma-cuma.

Yenny menyebut sejumlah pendakwah kondang bakal berpartisipasi dalam platform tersebut, antara lain Habib Ali Bahar, DR KH Lukman Hakim, KH Syarif Rahmat, KH Fathir Hambali, Gus Yusron, KH Syaifullah Amin, Ustaz Masrukhin, dan Ustaz Romdhoni.

“Pengguna juga bisa memberikan donasinya lewat Awadah Dakwah kepada pendakwah atau pihak-pihak yang membutuhkan,” ungkap Yenny.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi Puasa Ramadan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top