Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Berawal Dari Hobi, Wanita Ini Hadirkan Perpustakaan Ramah Keluarga

Bermodal hobi dan kemauan, Suziani Fitriyana membangun perpustakaan nyaman bagi anak-anak dan keluarga pada November 2011, yang kemudian diberi nama Rimba Baca.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  20:58 WIB
Suziani Fitriyana menghadirkan perpustakaan di rumah. - istimewa
Suziani Fitriyana menghadirkan perpustakaan di rumah. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Hobi membaca dan mengoleksi berbagai buku telah dilakoni Suziani Fitriyana sejak masih kecil. Ayahnya juga senang membaca dan rutin mengajaknya ke toko buku setiap satu bulan sekali.

“Saya sangat suka membaca, buku yang paling disukai yaitu untuk genre fiction seperti mystery, historical fiction, young adult and children book, sedangkan yang non-fiction adalah buku biografi. Alasannya kenapa saya menyukai buku-buku ini adalah karena selain menghibur selalu ada hal baru yang saya bisa pelajari dari berbagai bacaan,” ujarnya.

Berangkat dari hobinya tersebut, kemudian tercetuslah ide untuk membangun perpustakaan yang nyaman bagi anak-anak dan keluarga pada November 2011, yang kemudian diberi nama Rimba Baca. Perpustakaan tersebut didirikan tepat di sebelah rumah Fitriyana yang berlokasi di kawasan Cilandak Barat, Jakarta Selatan dengan desain dan nuansa yang homie yang nyaman serta dilengkapi WiFi.

 “Saya ingin Jakarta mempunyai tempat yang nyaman untuk membaca dan beraktivitas bersama sehingga dapat meningkatkan minat baca dan quality time keluarga,” ujarnya.

Terdapat setidaknya 7.000 buku yang sebagian besar merupakan koleksi pribadi Fitriyana, dan sebagian lainnya merupakan buku dari beberapa anggota dan para sahabat yang menyumbangkan buku-buku koleksinya mereka.

Buku-buku yang dihadirkan bervariasi mulai dari buku anak-anak hingga buku remaja dan dewasa, baik yang berbahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Untuk buku anak, koleksinya dibagi berdasarkan usia, sedangkan untuk dewasa dibagi berdasarkan genre seperti fiksi, non fiksi, sejarah, hobi, parenting, politik dan lainnya.

“Semua buku kami sampul plastik dan dibersihkan secara berkala sehingga terlihat lebih rapi dan terawat,” ujarnya.

Fitriyana mengatakan bahwa siapa saja bisa mengakses berbagai buku bacaan dan fasilitas yang ada di Rimba Baca dengan membayar biaya per kedatangan. Namun, buku-buku tersebut hanya dapat dipinjam dan dibawa pulang oleh pengunjung yang telah menjadi member atau anggota.

Saat ini, setidaknya terdapat sekitar 300 keluarga yang sudah menjadi member dengan biaya keanggotaan sekitar Rp375.000 hingga Rp400.000 per tahun, tergantung dari jumlah anggota keluarga.

Rimba Baca sendiri termasuk perpustakaan yang cukup lengkap karena tidak hanya menyediakan buku-buku bacaan saja, tetapi juga mainan anak-anak, taman, hingga ruang art untuk mendukung kreativitas. Selain itu, Rimba Baca juga rutin mengadakan berbagai acara yang berhubungan dengan kegiatan anak, pendidikan, parenting, dan lain-lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku perpustakaan
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top