Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GoPlay, Menonton Film Festival dari Rumah Saja

Festival Film dan Serial Online di GoPlay bukanlah festival film daring pertama di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  22:09 WIB
GoPlay, Menonton Film Festival dari Rumah Saja
GoPlay
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menonton film atau serial menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan untuk mengusir kebosanan saat harus di rumah saja akibat pandemi Covid-19, termasuk saat menunggu berbuka puasa.

Terlebih saat ini aktivitas tersebut didukung oleh kehadiran sejumlah platform video-ondemand (VOD) yang menawarkan berbagai macam serial dan film dari dalam maupun luar negeri. Sudah barang tentu, semuanya dapat dengan mudah diakses dari genggaman menggunakan perangkat seluler atau remote control televisi pintar.

Tinggal dipilih saja mana yang sesuai dengan selera masing-masing. Tak ada salahnya jika Anda melirik karya sineas anak bangsa yang juga tak kalah menarik. Jika masih bingung memilih mana yang mau ditonton, Anda mungkin bisa melirik GoPlay.

Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Perfilman Indonesia (BFI) serta 50 asosiasi perfilman, platform VOD besutan Gojek itu menggelar “Festival Film dan Serial Online di GoPlay”. Festival yang menjadi bagian dari kampanye #FilmIndonesiauntukIndonesia itu berlangsung mulai 13 Mei-30 Juni 2020.

Setiap pekannya, selama periode tersebut akan hadir sejumlah film dan serial lokal dari berbagai tema dan genre berbeda mulai dari drama, komedi romantis, horor, kisah keluarga hingga misteri.

CEO GoPlay Edy Sulistyo saat peluncuran yang dilakukan secara virtual pada Rabu (13/5) mengatakan  “Festival Film dan Serial Online di GoPlay” menghadirkan sejumlah film lokal yang telah ditayangkan di berbagai festival film di dalam maupun luar negeri.

“Ada film yang mengangkat isu perempuan seperti “27 Steps of May”, sudah ditayangkan di berbagai festival internasional. Ada “Koki-koki Cilik”, film drama anak Indonesia nominasi Piala Citra menginspirasi anak-anak menjadi chef cilik. Ada “7/24”, film drama keluarga yang memenangkan Piala Maya 2014,” tuturnya.

Kemudian Edy menjelaskan GoPlay juga akan menghadirkan serial eksklusif terbaru yang banyak diminati oleh pengguna selama ini. Selain itu, ada pula film-film lokal populer yang belum lama ini tayang di layar lebar.

Untuk menikmati film dan serial yang ditayangkan di “Festival Film dan Serial Online di GoPlay” pengguna GoPlay diberikan potongan harga sebesar 50% selama Mei 2020 untuk pembelian akses GoPlay, Pengguna cukup membayar Rp 45.000 untuk akses selama 1 bulan dan Rp29.000 untuk akses selama 2 pekan.

“[Sebanyak] 20 persen hasil pendapatan dari penjualan akses nonton akan disumbangkan ke BPI sebagai bentuk apresiasi pekerja film yang terdampak pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Semenara itu, Wakil Ketua Umum Badan Perfilman Indonesia Dewi Umaya mengatakan ini memiliki makna mendalam bagi industri film dan seluruh pekerja di dalamnya yang terdampak pandemi Covid-19. Dia berharap antusiasme masyarakat terhadap festival ini bisa menumbuhkan semangat seluruh insan perfilman di Tanah Air untuk terus berkarya.

“Hadirnya Festival Film dan Serial Online di GoPlay ini harapannya akan dapat mendukung film tanah air bangkit lebih baik, dan tak kalah dengan Festival Film Indonesia,” ujarnya.

Terkait, Edy mengungkapkan selama pandemi Covid-19 terjadi peningkatan akses terhadap film dan serial Indonesia di platform GoPlay hingga 10 kali lipat.

Adapun, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Joshua Puji Mulia Simanjuntak mengatakan festival film daring dibutuhkan untuk menggerakkan industri perfilman agar lebih kuat dari sebelumnya setelah pandemi Covid-19 berakhir.

“Walaupun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak, kami yakin sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif justru akan rebound setelah pandemi berakhir,” katanya.

Festival Film di YouTube

“Festival Film dan Serial Online di GoPlay” bukanlah festival film daring pertama di tengah pandemi Covid-19. Bulan lalu, YouTube sudah mengumumkan akan menyelenggarakan festival film daring bertajuk We Are One: A Global Film Festival yang menggandeng 20 festival film dunia.

Antara lain Annecy International Animation Film Festival, Berlin International Film Festival, BFI London Film Festival, Cannes Film Festival, Guadalajara International Film Festival, International Film Festival & Awards Macao (IFFAM), Jerusalem Film Festival, Mumbai Film Festival (MAMI), Karlovy Vary International Film Festival, Locarno Film Festival.

Kemudian, Marrakech International Film Festival, New York Film Festival, San Sebastian International Film Festival, Sarajevo Film Festival, Sundance Film Festival, Sundace Film Festival, Sydney Film Festival, Tokyo International Film Festival,  Toronto International Film Festival,Tribeca Film Festival, dan Venice Film Festival.

Festival tersebut akan berlangsung selama 10 hari mulai 29 Mei-7 Juni 2020 di laman https://youtube.com/weareone. Film-film yang ditayangkan bisa Anda tonton secara cuma-cuma, akan tetapi penonton diminta untuk membuat donasi demi penanganan Covid-19.

We Are One: A Global Film Festival akan menampilkan berbagai jenis film dengan dan diskusi panel. Judul film yang akan ditayangkan hingga kini belum diumumkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film Work From Home belajar di rumah
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top