Seorang perempuan mengenakan masker berjalan melewati papan petunjuk yang memandu orang ke pintu masuk stasiun penguji korona di sebuah rumah sakit di Berlin, Jerman./Bloomberg
Health

Beraktivitas Kembali di Luar Rumah, Lakukan 5 Tips Ini Agar Tetap Aman

Yudi Supriyanto
Rabu, 20 Mei 2020 - 14:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyebaran virus Corona baru atau Covid-19 telah membuat kebiasaan hidup sebagian masyarakat mengalami perubahan. Kondisi ini dapat membuat kenormalan baru.

Dokter Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar, mengungkapkan menjaga kebersihan tangan adalah salah satu langkah paling penting dan harus diterapkan oleh masyarakat sebagai kenormalan baru dalam perilaku hidup bersih dan sehat.

"Hal ini untuk menghindari diri terjangkit penyakit dan menyebarkannya kepada orang lain. Tidak hanya ketika pandemi berakhir, namun untuk seterusnya. Apalagi ketika kita tidak bisa menghindar dari menyentuh benda-benda di sekitar kita," kata Sandi dalam virtual media briefing pada Selasa (19/5/2020).

Saat kembali beraktivitas di luar rumah, dia menuturkan masyarakat harus melakukan berbagai hal agar tetap aman.

Pertama, mendisiplinkan diri dengan menanamkan pesan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 jauh lebih baik daripada menjadi penyebar wabah. Dengan demikian diharapkan muncul keinginan untuk konsisten menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kedua, tetap waspada dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Ketiga, rutin cuci tangan dengan sabun dalam air mengalir.

Jika tidak ada wastafel atau toilet, maka gunakan hand sanitizer berbahan dasar alkohol untuk membersihkan tangan dengan menuangkan cairan hingga memenuhi telapak tangan, gosok dan tunggu sampai mengering.

Keempat, selalu siapkan hand sanitizer dalam tas untuk kepraktisan. pilih hand sanitizer yang dapat melembutkan kulit. Kelima, gunakan masker berbahan kain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro