Ilustrasi kesepian/Istimewa
Relationship

Ini 4 Insipirasi Kegiatan Biar Lebaran Tetap Menyenangkan Walaupun Sendirian

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Minggu, 24 Mei 2020 - 09:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Akibat pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang tinggal sendirian, tidak mudik, dan hanya merayakan Hari Raya Idulfitri seorang diri pada tahun ini. Meski begitu, tantangan bagi para perantau yang tinggal di rumah kost, apartemen, hingga kontrakan, harus dihadapi dengan positif.

Berikut 4 tips ampuh agar Anda tetap bisa merasakan momen lebaran secara lebih menyenangkan serta produktif walaupun sedang sendiri. Yuk, simak!

1. Stay Positive, Anda Tidak Sendirian!

Walaupun saat ini Anda sendirian di tempat tinggal Anda, bersyukur dan ingatlah bahwa Anda tidak menghadapi keadaan ini seorang diri. Ada jutaan perantau lain yang akan menghabiskan hari raya sendirian. Sebagian besar dari para perantau tersebut mungkin bernasib sama dengan Anda. Walaupun terasa sepi, tetaplah ingat bahwa pandemi ini dilalui bersama.  

2. Tetap Jalin Silaturahmi dengan Keluarga Lewat Teknologi 

Sekalipun terpisah jarak dengan keluarga dan orang-orang terdekat bukan berarti silaturahmi tidak bisa dilakukan. Berkat perkembangan teknologi, kini memungkinkan Anda bertatap muka jarak jauh dengan video call. Manfaatkanlah teknologi semaksimal mungkin untuk bersilaturahmi dengan anggota keluarga dan kerabat dekat Anda ketika hari raya.

3. Tingkatkan Skill atau Temukan Keterampilan Baru

Jika Anda tidak memiliki kegiatan wajib yang harus dilakukan saat Lebaran maka carilah aktivitas yang dapat membuat hidup Anda lebih produktif. Salah satunya meningkatkan keterampilan yang Anda miliki atau malah menemukan yang baru. Jika Anda hobi menulis, lanjutkan hobi tersebut dan mulailah untuk berlatih menulis beragam tulisan, mulai dari tulisan kreatif hingga tulisan yang berbentuk kajian.

Karya yang sudah Anda tulis juga akan sangat berharga jika Anda masukkan ke dalam portofolio Anda. Contoh lain, jika Anda memiliki bakat menggambar atau melukis, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengasah kemampuan Anda.

Selain meningkatkan skill Anda juga dapat menemukan skill baru. Jadikan waktu luang selama libur Lebaran sebagai momen mencoba hal baru, seperti memasak, bermain alat musik, hingga mengedit foto. Anda dapat mengasah kemampuan baru melalui tutorial video di YouTube hingga kelas-kelas online gratis yang disediakan oleh berbagai komunitas. 

4. Lakukan Refleksi Diri

Jadikanlah Lebaran tahun ini sebagai momen yang tepat bagi Anda untuk merefleksikan diri atas tindakan dan perbuatan selama satu tahun ke belakang, agar Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan. 

Anda dapat melakukan refleksi diri dengan cara sederhana, misalnya menuliskan hal-hal yang Anda syukuri hingga perbuatan-perbuatan yang Anda sesali. Jadikan daftar hal yang Anda syukuri sebagai penyemangat agar Anda tetap mensyukuri segala hal yang Anda bisa nikmati, dan jadikan daftar perbuatan yang Anda sesali sebagai pengingat untuk tidak melakukannya kembali.

Nah, bagi Anda yang merayakan Lebaran sendiri, tetap ingat bahwa situasi pandemi ini dilalui bersama. Agar lebaran Anda tetap bermakna, lakukanlah hal-hal positif ini untuk membuat waktu Anda berkualitas. Selamat Hari Raya Idulfitri untuk seluruh umat muslim di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro