Suasana salat tarawih di Masjidil Haram. Istimewa
Fashion

3 Kebiasaan Baik di Ramadan yang Perlu Dijaga

Dewi Andriani
Selasa, 26 Mei 2020 - 21:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan, tiba saatnya seluruh umat muslim merayakan Hari Raya Idulfitri. Untuk menjadi pribadi yang lebih baik setelah hari kemenangan berlalu, penting mempertahankan kebiasaan baik yang mulai terbentuk di bulan Ramadan.

Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut ini beberapa di antaranya seperti dikutip dari rilis yang diterima Bisnis, Selasa (26/5/2020).

1. Mengatur pola makan

Puasa Ramadan yang dijalankan selama sebulan penuh seyogyanya memberikan berbagai manfaat bagi orang yang menjalankannya, termasuk pola makan sehat. Dengan berpuasa, masyarakat dapat mencegah konsumsi berlebih dan cenderung makan teratur sesuai jam buka dan sahur.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan jam makan dapat menjadi tantangan tersendiri saat belum terbiasa. Kekhawatiran akan pola makan tidak sehat dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat, baik saat buka maupun sahur.

Pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh sehingga lebih kuat saat berpuasa.  Contoh makanan yang dapat menjadi pilihan adalah kurma. Selain menjadi buah yang disarankan dan senantiasa dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW saat berpuasa, buah kurma dianggap sebagai pilihan yang tepat karena dapat memenuhi kadar gula yang dibutuhkan tubuh.

Memahami manfaat buah kurma yang tidak hanya baik untuk dikonsumsi saat bulan puasa, platform pembuatan video pendek global Likee menghadirkan challenge #YumYumKurma untuk mengajak masyarakat mengonsumsi kurma secara virtual.

Dilaksanakan hingga 26 Mei 2020, challenge ini berpesan bahwa dengan mengonsumsi kurma, masyarakat akan mendapatkan manfaat positif yang digambarkan melalui transformasi pengguna menjadi kurma. Untuk berpartisipasi dalam challenge ini, pengguna hanya perlu membuka akun Likee dan mencari tagar #YumYumKurma.

2. Menanamkan sikap saling menghargai dan open-minded

Saat umat muslim sedang berpuasa, masyarakat yang tidak berpuasa cenderung menghargai umat muslim dengan meminta izin atau memisahkan diri saat hendak makan dan minum. Selain itu, mengamati orang yang berpuasa dapat melatih diri untuk menjadi pribadi yang open-minded.

Sikap ini tentu tidak datang dengan sendirinya, melainkan melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang orang lain. Berbekal sikap tersebut, tak sedikit non-muslim yang mencoba untuk berpuasa dan merasakan manfaatnya.

Hal ini juga tercermin pada budaya luar yang menjadi tren dan diterima dengan baik oleh masyarakat, salah satunya adalah anime atau animasi dari Jepang. Kehadiran anime membuat masyarakat terpapar dengan budaya Jepang lalu memiliki pemahaman yang lebih baik, bahkan bersikap open-minded dan menerimanya sebagai budaya baru di lingkungannya. Dengan popularitas yang semakin meningkat, banyak perusahaan yang mengaitkan bisnisnya dengan anime seperti Likee.

3. Memaknai arti suatu hal secara keseluruhan

Ramadan bukan hanya tentang berpuasa tetapi juga menjalankan berbagai ibadah seperti mengaji, membayar zakat, dan lain-lain. Segala komponen tersebut juga memiliki makna tersendiri misalnya puasa yang tidak hanya menahan lapar dan haus, tetapi menahan diri dari melakukan perbuatan buruk.

Ketika dimaknai lebih dalam, dengan berpuasa, masyarakat dapat menjadi pribadi yang lebih sabar dan dapat mensyukuri apa yang dimiliki, seperti yang terjadi saat seseorang menyadari mereka bisa makan kapanpun mereka ingin dan mampu membayar zakat.

Tidak hanya dalam konteks Ramadan, pemahaman mendalam terhadap sesuatu juga dapat diaplikasikan dalam berbagai hal termasuk musik yang kian populer di masyarakat yaitu hip hop.

Kehadiran genre ini dinilai menarik karena tidak hanya tentang audio tetapi unsur pendukung lainnya seperti breakdance, DJ (disc jockey), graffiti, dan lain-lain. Salah satu faktor penting yang memengaruhi kesuksesan hip hop adalah lirik yang menyuarakan hal positif untuk memberikan pesan semangat dan saling menghormati. Hal ini disadari oleh para pendengar yang pada akhirnya membuat hip hop semakin diminati.

“Sebagai salah satu perayaan terbesar di Indonesia, kami ingin menghadirkan serangkaian challenge yang dapat menemani para pengguna saat merayakan hari kemenangan ini. Meski dihadapkan dengan situasi yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kami ingin masyarakat dapat bersenang-senang dan tetap terhubung dengan satu sama lain tanpa merasa dibatasi saat #dirumahaja,” ujar Erwin, Manager of Creator Operation Likee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro