Belanja online/Ilustrasi
Fashion

Tips Belanja Gadget Via Online Yang Aman

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Juni 2020 - 14:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tak dapat dipungkiri teleah merubah pola perilaku serta kegiatan masyarakat dalam kehidupan sosial sehari-hari maupun dalam dunia usaha.

Salah satu perubahan pola perilaku masyarakat yang terlihat adalah dalam pemilihan metode belanja daring sebagai alternatif utama dalam memenuhi memenuhi berbagai kebutuhan termasuk bagi keperluan gadget elektronik.

Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang masih takut untuk berbelanja daring khususnya jika ingin membeli barang-barang elektronik, khususnya gawai. Kekhawatiran tersebut muncul karena masih ada keraguan mengenai keaslian produk, perbedaan harga, keamanan pengiriman hingga garansi.

Head of Brands Management Shopee Indonesia Daniel Minardi mengatakan sebagai salah satu platform dagang el, pihaknya terus berupaya menjalankan tugas dan fungsi sosial membantu masyarakat tetap bisa beraktivitas, melakukan transaksi secara daring di tengah PSBB dan menyongsong kenormalan baru atau new normal. Tak terkecuali untuk produk-produk gawai dengan menggandeng mitra dari sejumlah brand ternama.

Tidak hanya itu, Shoppe juga mengedukasi penggunanya dengan memberikan bberapa tips pintar untuk berbelanja gawai aman secara online dari rumah:

1. Belanja di Official Shop. Jika ingin berbelanja di e-commerce, sebaiknya pilih penjual yang memiliki toko resmi (official shop). Berbelanja di official shop tentu lebih aman karena penjual tersebut menjual produk resmi dan telah terverifikasi dari suatu brand.

2. Pastikan penjual menawarkan garansi resmi. Penting untuk memastikan gadget yang akan kita beli memiliki garansi resmi karena akan mempengaruhi layanan purna jual jika ada kerusakan di kemudian hari. Adanya garansi resmi juga bisa meyakinkan pembeli bahwa produk tersebut bukan barang ilegal dan IMEI produk terdaftar sesuai dengan regulasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Jadi, lebih baik membeli yang resmi saja demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Mencari promo terbaik. Saat ingin berbelanja gadget secara online, carilah toko online di platform e-commerce yang menawarkan promo voucher potongan harga. Dengan adanya potongan harga, tentunya kamu bisa membeli sebuah gadget dengan total harga yang jauh lebih ekonomis. Untuk itu, selalu perhatikan penawaran promo terbaik saat ingin membeli sebuah barang, seperti yang ditawarkan di Samsung Official Shop di Shopee yang menawarkan diskon hingga 1 juta rupiah untuk berbagai produknya.

4. Gunakan metode transaksi dan pengiriman yang aman. Memilih metode transaksi dan pengiriman merupakan tahap akhir yang akan dilakukan saat berbelanja online di sebuah platform e-commerce.

Berapapun harga barang yang dibeli, pastikan agar transaksinya diselesaikan melalui platform e-commerce agar riwayat pemesanan terekam di sistem dan tentunya menjamin keamanan transaksi.

Desny Tjung, Head of Online Business Samsung Electronics Indonesia mengatakan, dalam situasi pandemi seperti ini, tetap dapat memenuhi kebutuhan konsumen, terutama bagi yang ingin membeli gadget terbaru dengan aman dari rumah mereka, salah satu caranya dengan menjual platform e-commerce seperti Shopee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro