Petani memanen sawi putih hidroponik, di Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu (4/6)./Antara-Irsan Mulyadi
Fashion

Apakah Hidroponik Bebas Hama?

Desyinta Nuraini
Kamis, 11 Juni 2020 - 21:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menanam hidroponik terbilang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya, tanaman akan minim dari hama yang merusak.

Founder Rumah Hidroponik Bertha Suranto mengatakan tanaman hasil budidaya hidroponik biasanya bebas dari hama. Sebab mereka ditanam di sebuah media yang jaraknya 1-2 meter di atas tanah.

Adapun hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

"Kemungkinan hama yang dari tanah tidak dapat ke tanaman," sebutnya saat menjadi pembicara dalam acara ngobrol santai di Instagram Bisnis.com, Kamis (11/6/2020).

Lagi pula, tanaman hidroponik seperti selada atau pakcoy jarang dipenuhi hama. Kalaupun ada, itu karena alat tanam yang dipakai kotor.

Misal, paralon yang dipakai adalah paralon bekas menanam tanaman lain dan lupa dibersihkan. Kemudian, paralon itu langsung digunakan untuk menanam pakcoy. "Akhirnya penuh hama. Untuk itu, jaga kebersihan," tegasnya.

Apabila terdapat hama, Bertha menyarankan untuk membuat pestisida alami. Misalnya dengan membuat pestisida dari daun mint atau bawang putih. "Daun mint bisa untuk pestisida. Ketika habis, saya tanam bawang putih," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro