Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Help Is On Way, Film Dokumenter Tentang Pekerja Migran Indonesia Tayang di GoPlay

Help Is On The Way bercerita mengenai realita di balik sistem perekrutan pekerja migran Indonesia yang mencari mimpi untuk bisa keluar luar negeri dengan menjadi pekerja domestik.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 12 Juni 2020  |  20:17 WIB
Film Help Is On Way adalah dokumenter tentang pekerja migran Indonesia. - poster
Film Help Is On Way adalah dokumenter tentang pekerja migran Indonesia. - poster

Bisnis.com, JAKARTA - GoPlay, platform video-on-demand dari Gojek kembali memperkaya katalog filmnya dengan menayangkan secara eksklusif film dokumenter peraih penghargaan Piala Citra 2019,  Help Is On The Way.

Help Is On The Way yang merupakan hasil produksi PT Dua Pulau Digital Film ini mendapatkan dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif pada tahun 2018; melalui program Docs By The Sea dan Docs By The Sea Incubator, yang pada saat itu juga turut didukung oleh Gojek Group.

VP Marketing GoPlay Sasha Sunu menjelaskan, Help Is On The Way merupakan satu lagi karya sineas bangsa yang membuktikan bahwa kualitas perfilman Indonesia patut diperhitungkan.

"Hadirnya Help Is On The Way secara eksklusif di GoPlay adalah bentuk komitmen kami untuk terus menjadi rumah bagi karya para sineas berbakat tanah air. Oleh karena itu, kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Ismail Fahmi Lubis dan Dua Pulau Digital Film dalam mengangkat cerita ini untuk masyarakat Indonesia,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Jumat (12/6/2020).

Mengambil latar di Indonesia dan Taiwan, Help Is On The Way bercerita mengenai realita di balik sistem perekrutan pekerja migran Indonesia yang mencari mimpi untuk bisa keluar luar negeri dengan menjadi pekerja domestik.

Penikmat film diajak untuk mengikuti kisah Sukma, Meri, Tari, dan Puji; para tokoh utama dalam film dokumenter berdurasi 131 menit ini. Mereka mengalami secara langsung berbagai hal yang selama ini didengar lewat percakapan segelintir orang mengenai tantangan berat bekerja di negeri orang.

Mulai dari persiapan menghadapi pekerjaan baru, ketekunan belajar bahasa dan budaya masyarakat setempat, hingga angan-angan bersama untuk berangkat keluar negeri, merupakan sebagian dari kisah seru selama keempat pekerja tersebut mengikuti pelatihan di Badan Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri di Indramayu, Jawa Barat.

Menyambut Hari Pekerja Rumah Tangga Internasional pada tanggal 16 Juni 2020 ini, film ini dapat menjadi bahasan penting ditengah masyarakat tentang pentingnya perlindungan Pekerja Migran Indonesia, di tengah perjuangan mereka demi keluarga yang mereka tinggalkan di tanah air. Lewat film ini, penikmat film juga akan hanyut merasakan keteguhan, gejolak batin, serta perjuangan yang tak mudah yang dialami oleh keempat tokoh utama tersebut.

Sasha menilai ada sisi emosional yang disentuh secara apik oleh Ismail Fahmi Lubis melalui alur serta penggambaran Help Is On The Way. Tak heran, sejak tayang di GoPlay pada 11 Mei 2020 lalu, film ini mendapat antusiasme pengguna yang cukup tinggi, dan menjadi salah satu konten unggulan dan eksklusif di GoPlay.

GoPlay juga mempersiapkan film ini untuk menjadi sajian spesial dalam rangkaian  Festival Film & Serial Online di GoPlay yang akan ditayangkan bersama bersama film-film pemenang festival lainnya. Jadi tunggu apalagi, tonton secepatnya dan buktikan testimoni yang berseliweran tentang berapa bagusnya film ini,” Sasha menambahkan.

Adapun Festival Film & Serial Online di GoPlay kini telah memasuki minggu kelima. Selama rentang waktu tersebut, GoPlay telah menghadirkan beberapa kurasi film terbaik tanah air. Salah satunya bertema Ketawa Bareng yang berisi film Pretty Boys (2019), film drama popular perjalanan dua sahabat - para komedian - Desta dan Vincent. Kemudian, Hangout (2016), film komedi horor seru yang menempatkan Raditya Dika, Soleh Solihun dan sembilan figur publik lain terjebak di suatu pulau misterius ketika berliburan, dan Get Married (2007), film garapan Hanung Bramantyo yang menceritakan drama anak muda yang sedang mencari jodoh, dan berhasil menyabet tiga penghargaan Piala Citra 2007.

Festival Film & Serial Online di GoPlay masih berlangsung hingga 30 Juni 2020. Mengusung semangat #FilmIndonesiaUntukIndonesia, GoPlay akan menyalurkan 20% hasil pendapatan dari penjualan akses nonton melalui Badan Perfilman Indonesia (BPI) sebagai bentuk apresiasi pekerja film yang terdampak di masa pandemi COVID-19.

Aplikasi GoPlay dapat diunduh di Android dan iOS. Untuk semakin memberikan pengalaman lebih seru saat menonton bersama dengan keluarga dan orang tersayang GoPlay dapat juga terkoneksi ke layar televisi dengan memanfaatkan inovasi terbaru fitur Cast. Pengguna dapat menikmati fitur ini hanya dengan membuka aplikasi GoPlay dan mengklik tombol Chromecast atau AirPlay di pojok kanan atas layar smartphone hingga opsi GoPlay muncul di layar televisi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Film film indonesia Gojek
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

BisnisRegional

To top