Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Donor darah mampu memberikan mengurangi risiko gangguan kesehatan jantung dan mampu melindungi kesehatan hati.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  08:22 WIB
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id
donor darah, ilustrasi - pmi.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menekankan pentingnya donor darah sukarela, menunjukkan bahwa satu sumbangan dapat menyelamatkan sebanyak tiga nyawa.

Ada tiga jenis donor darah yakni sukarela, dibayar dan keluarga atau penggantian. Fakta bahwa Anda merasa lelah dan sakit setelah mendonorkan darah hanyalah perasaan sementara. Namun, dalam jangka panjang, ada beberapa manfaat kesehatan yang serius dari mendonorkan darah, dengan yang utama adalah menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh Anda.

Usia donor darah harus antara 18-60 tahun dan beratnya harus lebih dari 45 kg untuk dapat mendonorkan darah. Seseorang harus menunggu selama 56 hari atau 8 minggu untuk kembali melakukan donor darah. Berikut beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Donor darah membantu menjaga kadar zat besi dan mengurangi risiko masalah kardiovaskular dan juga membantu menjaga irama jantung Anda. Kadar zat besi dalam pengawasan melalui donor darah, membantu mengurangi risiko mengembangkan penyakit jantung.

2. Mencegah Hemochromatosis

Salah satu manfaat kesehatan utama dari mendonorkan darah termasuk mengurangi risiko hemochromatosis. Ini adalah kondisi kesehatan yang timbul karena penyerapan zat besi yang berlebihan oleh tubuh.

Kondisi ini disebabkan oleh alkoholisme, anemia, dan gangguan lainnya. Donor darah secara teratur akan mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh.

3. Mengurangi Risiko Kerusakan Hati

Ketika tingkat zat besi dalam tubuh Anda berlebihan, itu meningkatkan risiko gagal hati dan kerusakan pada pankreas. Karenanya, mendonorkan darah membantu menghilangkan zat besi tambahan; dan ini, pada gilirannya, membantu mengurangi risiko kerusakan hati dan pankreas.

4. Mengelola Tekanan Darah

Salah satu manfaat penting lain dari mendonorkan darah adalah dampaknya dalam mengendalikan tingkat tekanan darah tinggi. Ketika Anda menyumbangkan darah, volume darah seimbang, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah. Jadi, jantung yang sehat itu baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

5. Merangsang Produksi Sel Darah

Salah satu manfaat kesehatan sentral lainnya dari donor darah adalah membantu menstimulasi produksi sel darah baru, yang menebus kehilangan darah dan dengan demikian membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

6. Membakar Kalori

Menurut University of California, seseorang dapat membakar sekitar 650 kalori per donasi satu liter darah [10]. Donor darah biasa menurunkan berat badan saat dalam proses dan ini bermanfaat bagi mereka yang mengalami obesitas dan berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular dan gangguan kesehatan lainnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan donor darah tips sehat

Sumber : Boldsky

Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top