Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jaga Kesehatan, Atlet Ini Sarankan Jangan Sering ke Tempat Gym

Selama pandemi virus corona (Covid-19), masyarakat disarankan untuk melakukan olahraga di rumah dan tidak pergi ke pusat kebugaran.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 25 Juni 2020  |  13:38 WIB
Petenis Aldila Sutdjiadi. - istimewa
Petenis Aldila Sutdjiadi. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga adalah salah satu kewajiban untuk menjaga kesehatan terutama dalam masa pandemi virus corona (Covid-19) yang masih berlangsung di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Salah satu petenis asal Indonesia, Aldila Sutdjiadi mengatakan olahraga punya manfaat yang sangat baik yaitu memperkuat imunitas tubuh. Imunitas jugalah yang menjadi banteng pertahanan diri Anda agar terhindari dari infeksi beragam virus maupun bakteri, termasuk yang kini tengah mewabah yaitu virus Corona.

Aldila menjelaskan, untuk bisa berolahraga beragam fasilitas olahraga pun dibangun untuk publik. Selama ini sejumlah fasilitas itu berhasil membuat kerumunan orang-orang yang sama-sama mau berolahraga, baik dalam momen Car Free Day, sampai olahraga kebugaran di tempat gym.

Pembatasan fisik dan sosial jelas membuat aktivitas di fasilitas gym dan fitness berkurang. Anggota fitness dan gym harus mulai beradaptasi olahraga dalam ruangan di tempat tinggal masing-masing.

“Selama PSBB karena gym tutup, GBK tutup, kami para atlet pun olahraga pakai zoom meeting, latihan fisik. Nanti pelatih yang bisa lihat gerakan kita dan mengoreksi,” ujar Aldila kepada Bisnis, Kamis (25/6/2020).

Namun dalam masa pelonggaran pembatasan sosial menuju normal baru, olahraga yang dianjurkan dan lebih aman adalah olahraga dalam ruang alam atau outdoor, bukan indoor seperti di ruang gym. Dia beralasan, potensi penularan dari alam bebas lebih kecil ketimbang dalam ruangan.

Ruang gym yang tidak dikelola sesuai protokol kesehatan justru bisa menjadi arena penularan yang baru. Dengan olahraga teratur dalam ruang yang aman dari penyebaran, Aldila menilai kerentanan Anda tertular menjadi lebih kecil.

“Untungnya sekarang sudah bisa latihan di lapangan, ikuti protokol. Kami juga latihan tidak intensif, tidak setiap hari karena tak boleh terlalu capek,” sambungnya.

Selain olahraga, pemenang SEA Games 2019 dan Asian Games 2018 ini menegaskan pentingnya menjamin nutrisi dalam tubuh dengan makanan yang bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi adalah modal membangun sistem imun yang kuat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tenis olahraga Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top