Petenis Aldila Sutdjiadi./istimewa
Fashion

Jaga Kesehatan, Atlet Ini Sarankan Jangan Sering ke Tempat Gym

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Kamis, 25 Juni 2020 - 13:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olahraga adalah salah satu kewajiban untuk menjaga kesehatan terutama dalam masa pandemi virus corona (Covid-19) yang masih berlangsung di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Salah satu petenis asal Indonesia, Aldila Sutdjiadi mengatakan olahraga punya manfaat yang sangat baik yaitu memperkuat imunitas tubuh. Imunitas jugalah yang menjadi banteng pertahanan diri Anda agar terhindari dari infeksi beragam virus maupun bakteri, termasuk yang kini tengah mewabah yaitu virus Corona.

Aldila menjelaskan, untuk bisa berolahraga beragam fasilitas olahraga pun dibangun untuk publik. Selama ini sejumlah fasilitas itu berhasil membuat kerumunan orang-orang yang sama-sama mau berolahraga, baik dalam momen Car Free Day, sampai olahraga kebugaran di tempat gym.

Pembatasan fisik dan sosial jelas membuat aktivitas di fasilitas gym dan fitness berkurang. Anggota fitness dan gym harus mulai beradaptasi olahraga dalam ruangan di tempat tinggal masing-masing.

“Selama PSBB karena gym tutup, GBK tutup, kami para atlet pun olahraga pakai zoom meeting, latihan fisik. Nanti pelatih yang bisa lihat gerakan kita dan mengoreksi,” ujar Aldila kepada Bisnis, Kamis (25/6/2020).

Namun dalam masa pelonggaran pembatasan sosial menuju normal baru, olahraga yang dianjurkan dan lebih aman adalah olahraga dalam ruang alam atau outdoor, bukan indoor seperti di ruang gym. Dia beralasan, potensi penularan dari alam bebas lebih kecil ketimbang dalam ruangan.

Ruang gym yang tidak dikelola sesuai protokol kesehatan justru bisa menjadi arena penularan yang baru. Dengan olahraga teratur dalam ruang yang aman dari penyebaran, Aldila menilai kerentanan Anda tertular menjadi lebih kecil.

“Untungnya sekarang sudah bisa latihan di lapangan, ikuti protokol. Kami juga latihan tidak intensif, tidak setiap hari karena tak boleh terlalu capek,” sambungnya.

Selain olahraga, pemenang SEA Games 2019 dan Asian Games 2018 ini menegaskan pentingnya menjamin nutrisi dalam tubuh dengan makanan yang bergizi. Makanan yang sehat dan bergizi adalah modal membangun sistem imun yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro