Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Gejala Parah, Ibu Hamil Terinfeksi Virus Corona

Perempuan yang sedang hamil berusia di atas 35 tahun dan ibu hamil dalam keadaan obesitas juga rawan terinfeksi virus corona (Covid-19).
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  17:47 WIB
Minuman untuk ibu hamil. - Istimewa
Minuman untuk ibu hamil. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Potensi ibu hamil terinfeksi Covid-19 sama besarnya dengan orang biasa namun gejala akan semakin parah pada trimester ketiga.

Fredy Lisnan, Dokter Spesialis Kandungan Primaya Hospital Karawang, seorang ibu hamil memiliki risiko terinfeksi Covid-19 yang sama besarnya dibandingkan dengan orang yang tidak sedang hamil.

Meski begitu, beberapa penelitian mengatakan sebagian besar wanita hamil akan memiliki gejala yang parah jika terinfeksi Covid-19 di trimester ke-3.

Selain itu, ibu hamil berusia di atas 35 tahun dan ibu hamil dalam keadaan obesitas juga rawan terpapar Covid-19.

"Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan social distancing, terutama sejak usia 28 minggu kehamilan,” ujar Fredy dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (26/6/2020).

Namun perlu diingat pula bahwa Ibu hamil memiliki risiko yang meningkat untuk beberapa penyakit lain seperti infeksi pernapasan, termasuk influenza, yang disebabkan oleh perubahan pada tubuh dan sistem imunitasnya. Oleh karena masih banyaknya hal yang belum diketahui mengenai infeksi Covid-19, ibu hamil harus tetap sedapat mungkin berusaha melindungi dirinya dari berbagai infeksi penyakit.

Bagi para ibu yang sedang hamil di tengah Covid-19, wajib mengikuti tak hanya protokol social distancing tetapi semua standar kesehatan.

Misalnya cuci tangan dengan langkah-langkah yang baik dan benar, selalu gunakan masker saat keluar rumah, hindari bepergian ke luar rumah jika bukan untuk keperluan yang mendesak, upayakan bekerja dari rumah, tetap mengonsumsi vitamin dan makan-makanan bergizi.

Selain itu yang terpenting menciptakan kondisi keluarga yang saling mendukung satu sama lain.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil Virus Corona covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top