Minuman untuk ibu hamil./Istimewa
Health

Ini Gejala Parah, Ibu Hamil Terinfeksi Virus Corona

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Jumat, 26 Juni 2020 - 17:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Potensi ibu hamil terinfeksi Covid-19 sama besarnya dengan orang biasa namun gejala akan semakin parah pada trimester ketiga.

Fredy Lisnan, Dokter Spesialis Kandungan Primaya Hospital Karawang, seorang ibu hamil memiliki risiko terinfeksi Covid-19 yang sama besarnya dibandingkan dengan orang yang tidak sedang hamil.

Meski begitu, beberapa penelitian mengatakan sebagian besar wanita hamil akan memiliki gejala yang parah jika terinfeksi Covid-19 di trimester ke-3.

Selain itu, ibu hamil berusia di atas 35 tahun dan ibu hamil dalam keadaan obesitas juga rawan terpapar Covid-19.

"Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan social distancing, terutama sejak usia 28 minggu kehamilan,” ujar Fredy dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis.com, Jumat (26/6/2020).

Namun perlu diingat pula bahwa Ibu hamil memiliki risiko yang meningkat untuk beberapa penyakit lain seperti infeksi pernapasan, termasuk influenza, yang disebabkan oleh perubahan pada tubuh dan sistem imunitasnya. Oleh karena masih banyaknya hal yang belum diketahui mengenai infeksi Covid-19, ibu hamil harus tetap sedapat mungkin berusaha melindungi dirinya dari berbagai infeksi penyakit.

Bagi para ibu yang sedang hamil di tengah Covid-19, wajib mengikuti tak hanya protokol social distancing tetapi semua standar kesehatan.

Misalnya cuci tangan dengan langkah-langkah yang baik dan benar, selalu gunakan masker saat keluar rumah, hindari bepergian ke luar rumah jika bukan untuk keperluan yang mendesak, upayakan bekerja dari rumah, tetap mengonsumsi vitamin dan makan-makanan bergizi.

Selain itu yang terpenting menciptakan kondisi keluarga yang saling mendukung satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro