Ilustrasi/Dailyfinance
Relationship

8 Cara Menghindari Sikap Mengontrol Dalam Hubungan

Krizia Putri Kinanti
Senin, 29 Juni 2020 - 14:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tidak pernah baik untuk mendominasi pasangan Anda atau mengendalikan hubungan Anda karena alasan apa pun.

Mengontrol hubungan Anda secara tak langsung membatasi pasangan Anda untuk menjadi dirinya yang sebenarnya. Memengaruhi keputusan, pilihan, preferensi, dan pendapat pasangan Anda sering kali dapat merusak hubungan Anda dan berdampak negatif pada pasangan Anda.

Selama periode waktu tertentu, pasangan Anda mungkin merasa terjebak dalam hubungan karena Anda tidak menganggap pendapat atau gagasan mereka valid.

Untuk menghindari kesan terlalu mengontrol tadi, berikut beberapa tips seperti dikutip dari Boldsky.com:

1. Periksa Kemampuan Komunikasi Anda dengan Pasangan 

Jika Anda ingin berhenti dari perilaku mengendalikan Anda dan membuat hubungan Anda lebih sehat, maka penting bagi Anda untuk memeriksa komunikasi Anda dengan pasangan.

Cara Anda berkomunikasi dengan pasangan dapat memengaruhi hubungan. Apakah Anda sering memberi perintah dan mengharapkan pasangan Anda mematuhi apa pun yang Anda katakan? Apakah Anda marah jika hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda inginkan? Nah, ini tidak sehat dan pasti Anda harus berusaha menjaga kemampuan komunikasi Anda.

2. Sopan Satu Sama Lain

Setelah Anda mengetahui bahasa tubuh Anda dan cara berkomunikasi dengan pasangan, hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah mencoba untuk lebih sopan dengan pasangan.

Anda dapat melunakkan cara Anda saat berbicara dengan mereka. Pertahankan perilaku Anda sendiri agar Anda berdua bisa menemukan jalan tengah. Gunakan kata-kata emas seperti tolong, terima kasih, maaf, dll. Agar lebih sopan dengan pasangan Anda.

3.Biarkan Ada Beberapa Ruang Pribadi

Berada dalam suatu hubungan lebih seperti berada di tim yang sama dan karenanya, Anda harus membiarkan pasangan Anda menjadi dirinya sendiri. Untuk ini, penting bagi Anda untuk membiarkan pasangan Anda menikmati 'waktu-nya'. Mengganggu ruang pribadi pasangan Anda saat ia berganti pakaian, membaca buku, menulis buku hariannya, menunjukkan bahwa Anda adalah pasangan yang mengendalikan. Karena itu, jika Anda tidak ingin melemahkan hubungan Anda, maka penting untuk membiarkan ada ruang pribadi dalam hubungan Anda.

4. Berbai Rasa Tidak Aman 

Salah satu cara terbaik untuk menghindari menjadi orang yang suka mengendalikan dalam hubungan Anda adalah dengan berbagi rasa tidak aman Anda dengan pasangan Anda. Ketidakamanan sering dapat menyebabkan situasi di mana Anda mungkin tidak menghargai diri sendiri dan kemampuan Anda.

Anda mungkin merasa tidak aman tentang siapa lawan bicara Anda atau mengapa rekan kerja pasangan Anda menjatuhkannya. Ketidakamanan ini dapat menciptakan masalah parah dalam hubungan Anda. Jadi, jika Anda memiliki rasa tidak aman, maka lebih baik mendiskusikannya dengan pasangan Anda secara sehat. Tujuannya agar Anda dapat menemukan alasan umum untuk mengatasi rasa tidak aman Anda.

5.Ubah Perintah Anda Menjadi Saran

Ada garis tipis antara menyarankan sesuatu kepada pasangan Anda dan memintanya melakukan sesuatu. Adalah penting bahwa Anda memahami garisdan hal-hal yang diperintahkan untuk pasangan Anda. Alih-alih memerintah sesuatu untuk pasangan Anda, disarankan agar Anda mencoba menyarankan sesuatu kepadanya. Daripada mengatakan, "Lakukan ini," Anda bisa berkata, "Hei, apa pendapat Anda tentang melakukan ini?" Dengan cara ini Anda tidak hanya menghindari kontrol tetapi juga terdengar sopan dan rendah hati.

6. Jadilah Reseptif Terhadap Perubahan Positif

Mungkin saja pasangan Anda juga tidak menyukai beberapa perilaku Anda. Dia mungkin tidak suka cara Anda memesan sesuatu kepadanya atau cara Anda mengendalikan tindakannya.

Anda dapat memikirkan cara-cara di mana Anda bisa menjadi mitra yang lebih baik dengan mengubah perilaku Anda sampai batas tertentu. Anda dapat melepaskan rasa tidak aman Anda dan keinginan untuk mengendalikan berbagai hal. Merangkul beberapa perubahan positif akan memungkinkan Anda menjadi manusia yang lebih baik dan pasangan yang penuh kasih.

7.Hargai Upaya Pasangan Anda

Alih-alih selalu menemukan kesalahan pada pasangan Anda, bagaimana dengan menghargai usahanya? Jika pasangan Anda melakukan yang terbaik untuk membuat Anda bahagia dan memperkuat hubungan, maka Anda perlu mengakui dan menghargai usahanya. Bahkan jika pasangan Anda tidak melakukan hal itu dengan cara yang Anda inginkan, cobalah untuk tidak berteriak untuk menunjukkan ketidaksetujuan Anda. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan kritik positif dan membuat pasangan Anda memahami bagaimana hal-hal yang seharusnya dilakukan.

8. Hindari Harapan Terlalu Tinggi

Anda mungkin mengharapkan pasangan Anda membuat Anda merasa istimewa, memasak makanan yang baik untuk Anda, bergaul dengan Anda dan banyak lagi. Tetapi selalu mengharapkan pasangan Anda untuk memenuhi harapan Anda tidak kurang dari mengendalikan hubungan Anda. Mungkin ada saat-saat ketika pasangan Anda mungkin tidak dapat memenuhi harapan Anda. Karena itu, penting untuk menghindari menjaga harapan Anda terlalu tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro