Sel virus corona/istimewa
Health

Penderita Covid-19 Hasilkan Sel Kekebalan Tubuh Untuk Melawan Virus

Syaiful Millah
Selasa, 30 Juni 2020 - 14:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah studi baru dari para peneliti di La Jolla Institute for Immunology (LJI) dan Erasmus University Medical Center menemukan bahwa pasien Covid-19 yang paling parah telah menghasilkan sel T, yang membantu melawan virus.

Dilansir dari Medical Express, Selasa (30/6) studi yang dilakukan tersebut menawarkan bukti lebih lanjut bahwa vaksin Covid-19 perlu mendapatkan sel T untuk bekerja bersama dengan anti bodi yang ada di dalam tubuh seseorang.

Penelitian yang diterbitkan pada 26 Juni di Sciece Immunology, juga mengungkapkan bahwa pasien Belanda dan Amerika Serikat memiliki tanggapan yang sama terhadap virus. Para peneliti mengungkap bahwa hal ini bisa menjadi kunci untuk memahami bagaimana tanggapan kekebalan tubuh terhadap virus.

Untuk penelitian ini, para peneliti mengikuti sepuluh pasien Covid-19 dengan gejala penyakit paling parah. Semuanya dirawat di ruang ICU Erasmus University Medical Center, Belanda. Dua pasien akhirnya meninggal karena penyakit tersebut.

Adapun, pandangan mendalam yang didapatkan ialah sistem kekebalan mereka menunjukkan adanya sel T yang dihasilkan dan menargetkan virus SARS-CoV-2. Sel T itu bekerja berdampingan dengan antibodi untuk mencoba membersihkan virus dan menghentikan infeksi.

Temuan ini sejalan dengan studi sel baru-baru ini dari Sette, yang juga menunjukkan respons sel T yang kuat pada individu dengan kasus Covid-19 yang lebih moderal. Dalam kedua studi, sel Y secara jelas menargetkan virus penyebab penyakit.

“Ini adalah berita baik bagi mereka yang membuat vaksin menggunakan spike, dan juga menyarankan cara baru untuk meningkatkan keberhasilan potensi vaksin,” kata Daniela Weiskopf, peneliti dari LJI dan salah satu penulis utama studi terbaru.

Kolaborasi antara para ilmuwan di La Jolla dan Belanda merupakan bagian dari gamabaran yang lebih besar dan menekankan filosofi yang sangat kolaboratif. Sementara, Sette merupakan pemimpin dunia dalam memahami bagian spesifik sistem kekebalan tubuh.

“Studi yang terkait dengan sel T ini penting karena menunjukkan respons kekebalan pada pasien. Pengamatan yang sama sekarang telah dipreproduksi di berbagai benua dan studi yang berbeda,” kata Weiskopf.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro