Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Olahraga Selama Hamil Menambah Manfaat ASI Untuk Bayi

Pusat Penelitian Diabetes dan Metabolisme dan penulis utama penelitian ini. "Karena ada bukti bahwa ASI memainkan peran utama, kami ingin mengisolasi efek ASI pada kesehatan anak."
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  09:48 WIB
Ilustrasi - Talkfeed.co.za
Ilustrasi - Talkfeed.co.za

Bisnis.com,JAKARTA -- Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di Pusat Medis Wexner, Universitas Negeri Ohio, dan Fakultas Kedokteran menemukan bahwa olahraga ringan selama kehamilan meningkatkan senyawa dalam ASI yang mengurangi risiko seumur hidup bayi terhadap masalah kesehatan serius seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Dikutip dari Medical Express, Selasa (30/6/2020), Temuan dari penelitian yang dipublikasikan online di jurnal Nature Metabolism.

"Kami telah melakukan penelitian di masa lalu yang menunjukkan bahwa olahraga ibu meningkatkan kesehatan anak, tetapi dalam penelitian ini, kami ingin mulai menjawab pertanyaan mengapa," kata Kristin Stanford, seorang peneliti di The Ohio State Wexner Medical.

Pusat Penelitian Diabetes dan Metabolisme dan penulis utama penelitian ini. "Karena ada bukti bahwa ASI memainkan peran utama, kami ingin mengisolasi efek ASI pada kesehatan anak."

Untuk melakukan itu, Stanford dan timnya termasuk para peneliti di University of California, San Diego, Pusat Nutrisi Anak Arkansas, dan Pusat Diabetes Joslin mempelajari tikus yang lahir dari ibu yang tidak aktif dan memberi mereka susu dari ibu yang aktif selama kehamilan.

Mereka menemukan bahwa manfaat kesehatan dari ibu yang sehat ditransfer ke anak anjing, membuktikan bahwa mereka, pada kenyataannya, melewati ASI dan tidak hanya mewarisi sifat genetik.

Para peneliti juga mengikuti sekitar 150 wanita hamil dan postpartum menggunakan pelacak aktivitas dan menemukan bahwa mereka yang memiliki lebih banyak langkah per hari memiliki peningkatan jumlah senyawa yang dikenal sebagai 3SL dalam ASI mereka, yang mereka percaya bertanggung jawab atas manfaat kesehatan ini.

Peningkatan 3SL tidak selalu terkait dengan intensitas olahraga, jadi bahkan olahraga moderat seperti jalan kaki sehari-hari sudah cukup untuk menuai manfaatnya, "kata Stanford, seorang profesor fisiologi dan biologi sel di Negara Bagian Dorothy M. Davis Heart dan Penelitian Paru-Paru Negara Ohio. Institute.

"Olahraga juga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan selama dan setelah kehamilan, jadi apa pun yang dapat Anda lakukan untuk bergerak akan menguntungkan Anda dan bayi Anda."

Sebuah penelitian baru dari Wexner Medical Center di Ohio State University menemukan bahwa olahraga teratur meningkatkan senyawa dalam ASI wanita yang memberikan manfaat kesehatan seumur hidup untuk bayinya. Karena banyak wanita tidak dapat menyusui atau mengalami komplikasi yang memerlukan istirahat di tempat tidur, para peneliti memeriksa apakah mereka dapat mengisolasi senyawa bermanfaat ini yang ditemukan dalam ASI ibu yang aktif dan menambahkannya ke susu formula bayi.

"Oligosakarida ASI ini memiliki dampak signifikan pada keturunan yang sehat. Mampu menambahkan ini ke dalam formula dapat memberikan manfaat bagi bayi ketika wanita tidak bisa menyusui," kata Stanford.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil air susu ibu
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top