Pertengkaran/boldsky.com
Relationship

Kritik dari Pasangan Picu Kematian Dini

Desyinta Nuraini
Selasa, 30 Juni 2020 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertengkaran antar pasangan memang wajar. Namun kritikan, omelan dalam pertengkaran yang terus menerus nyatanya berpengaruh buruk bagi kesehatan bahkan berisiko kematian dini.

Melansir Insider, Selasa (30/6/2020), berdasarkan hasil penelitian oleh Lafayette College pasangan yang terus menerima kritikan dan tekanan dalam hubungan, mereka memiliki kesehatan yang buruk. Adapun penelitian ini melibatkan lebih dari 3.000 orang lanjut usia dengan hampir 2.000 orang diantaranya telah memiliki pasangan. Para responden dowawancara pada 2005, dan dilanjutkan pada 2010.

Penulis penelitian mengukur kualitas hubungan responden dengan melihat jumlah kritik yang diterima dari pasangan mereka, termasuk tekanan apa yang diberikan dalam hubungan. Jawaban-jawaban ini dipelajari dengan mengaitkan indeks massa tubuh (BMI) setiap orang, kesehatan yang dilaporkan sendiri (pada skala 1 sampai 5), dan jumlah obat yang mereka gunakan. Para peneliti juga mencatat peserta mana yang telah meninggal pada wawancara lanjutan.

Secara keseluruhan, peneliti menemukan kritik terus-menerus dari pasangan memiliki dampak paling signifikan terhadap kualitas kesehatan dan kematian seseorang, dibandingkan dengan tuntutan dan perasaan kesal.

"Kritik yang terus-menerus dapat memicu depresi, kecemasan, stres, dan kesepian," tulis hasil penelitian itu.

Penulis penelitian mengatakan diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengidentifikasi secara tepat mengapa kritik terus-menerus dapat berdampak buruk bagu kesehatan hingga berujung kematian.

Namun menurut teori, aliran negatif dapat memicu kecemasan atau depresi, dan dapat mempersulit orang yang sebelumnya berjuang mengatasi kecemasan dan depresi untuk pulih, karena kritik dari pasangannya. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) pada 2012 menemukan bahkan kasus kecemasan ringan bisa memicu dengan kematian dini.

Menurut penelitian, dampak dari hubungan negatif bahkan lebih buruk jika orang-orang tersebut terputus dari teman dan keluarga. Itu berkorelasi dengan penelitian sebelumnya juga menghubungkan kesepian dengan hasil kesehatan yang lebih buruk dan kematian dini.

Terlebih lagi, stres memiliki dampak yang sangat nyata pada risiko kematian. Menurut sebuah studi pada 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes, orang dengan lebih banyak stres dan depresi berada pada risiko yang lebih tinggi untuk kematian.

"Temuan ini memiliki implikasi klinis yang penting karena mereka menunjukkan nilai pengembangan intervensi [seperti terapi] yang menargetkan menurunkan aspek negatif kualitas hubungan dengan pasangan atau pasangan seseorang, terutama yang terkait dengan kritik dalam hubungan," kata peneliti Jamila Bookwala dan Trent Gaugler yang menulis penelitian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro