Perempuan sedang hamil
Health

Ini Tanda Kelebihan Berat Badan Saat Hamil

Krizia Putri Kinanti
Kamis, 16 Juli 2020 - 10:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehamilan adalah waktu untuk merayakan dan dimanjakan. Ini juga saat ketika Anda terkena keinginan mengidam kehamilan yang terkenal dan bisa memakan apa yang Anda inginkan. Namun, itu hanya masalah waktu sebelum Anda menginjak timbangan dan menyadari bahwa Anda telah menambah berat badan lebih dari yang Anda bayangkan.

Faktanya, kenaikan berat badan berlebih selama kehamilan adalah masalah umum yang dialami wanita. Sebuah laporan CDC pernah menemukan bahwa lebih dari 40 persen wanita pada akhirnya menempatkan lebih dari berat badan ideal selama kehamilan mereka.

Tidak hanya kelebihan berat badan, selama kehamilan dapat membuat Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan, tetapi juga mempengaruhi makanan dan perkembangan bayi Anda.

Bayi yang lahir dari ibu yang kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko hipertensi, diabetes gestasional, persalinan lama, membawa risiko Caesar dan kemungkinan bayi lahir prematur. Ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa kenaikan berat badan yang tidak sehat selama kehamilan juga dapat berdampak pada kesehatan anak dalam jangka panjang.

Dikutip dari Times of India, Kamis (17/7/2020), kenaikan berat badan ideal untuk wanita hamil bervariasi, tergantung pada usianya, BMI (Indeks Massa Tubuh) atau faktor kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Di mana saja antara 11-16 kilogram selama sembilan bulan dihitung sebagai kenaikan berat badan yang sehat.

Pertambahan berat badan juga tergantung pada berat badan pra-kehamilan - apakah seorang wanita kekurangan berat badan, obesitas atau kelebihan berat badan. Pertambahan berat badan juga berbeda dari wanita ke wanita.

Sementara beberapa menambah berat badan dengan cepat pada trimester pertama dan "menunjukkan", beberapa hanya menambah berat badan di bulan-bulan akhir kehamilan. Meskipun demikian, mempertahankan berat badan yang stabil selama sembilan bulan adalah penting.

Menariknya, ada juga teori yang menyatakan bahwa kenaikan berat badan kehamilan, khususnya pada beberapa bulan pertama kehamilan terkait dengan kemungkinan yang lebih tinggi untuk melahirkan bayi perempuan. Meskipun masih belum ada klaim ilmiah untuk ini, data ditemukan setelah mensurvei lebih dari 68 juta kelahiran selama periode waktu tertentu.

Sangat penting untuk menjaga berat badan dan kesehatan yang stabil selama kehamilan Anda. Jika Anda merasa sudah terlarang, atau hanya khawatir dengan kesehatan Anda, berikut adalah beberapa tips yang bisa diingat calon ibu:

- Jangan hanya percaya pada konsep 'makan untuk dua' selama kehamilan. Makan apa yang dibutuhkan, dan jangan berlebihan.

- Hindari segala jenis makanan diet atau mode. Berkonsentrasi pada mendapatkan makanan sehat dan tetap sehat.

- Tetap berhubungan dengan dokter atau ahli gizi, yang akan membimbing Anda melalui apa yang baik dan buruk untuk Anda.

- Sementara kita tahu bahwa Anda tidak dapat menghindari keinginan, berlatih secukupnya. -Jadilah lebih efisien dengan kalori Anda. Hindari kalori kosong dan sebagai gantinya pilihlah yang membuat Anda kenyang. Memiliki makanan teratur dan pengaturan waktu makan. Lakukan aturan yang sama dengan lemak Anda. -Hidrasi penting dan tidak bisa cukup ditekankan.

- Olahraga sangat penting selama kehamilan. Bergerak dan tetap aktif secara fisik di seluruh. Namun, lakukan dengan hati-hati.

- Jangan lewatkan vitamin dan suplemen prenatal Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro