Ilustrasi vaksin virus corona/istimewa
Health

5 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Vaksin Covid-19

Desyinta Nuraini
Rabu, 22 Juli 2020 - 10:23
Bagikan

Bisnis.com - JAKARTA - Harapan baru muncul ketika 3 kandidat vaksin virus corona mulai menunjukkan hasil yang signifikan. Namun perlu studi lebih lanjut untuk membuktikan penawar Covid-19 itu ampuh dan aman digunakan secara massal.

Setidaknya ada 5 hal yang perlu diketahui mengenai vaksin. Berikut penjabarannya dilansir dari Channel News Asia, Rabu (22/7/2020).

1. Bagaimana vaksin bekerja

Vaksin umumnya bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk Covid-19, 23 vaksin sedang dalam uji coba. Ini termasuk vaksin tidak aktif yang dibuat menggunakan partikel virus yang dilumpuhkan sehingga mereka tidak akan dapat menginfeksi atau mereplikasi pada tubuh sukarelawan yang disuntik.

Perusahaan swasta Cina Sinovac Biotech, salah satu yang menguji coba vaksin ini.

Kelas baru vaksin yang menggunakan bahan genetik dalam bentuk asam ribonukleat (RNA) juga sedang dieksplorasi, terutama oleh perusahaan Amerika Moderna. Vaksin ini menggunakan messenger RNA untuk menghasilkan protein virus yang meniru permukaan luar virus corona.

Tubuh mengenali protein seperti virus ini sebagai benda asing dan kemudian dapat memberikan respon imun terhadap virus yang sebenarnya. Moderna mengumumkan hasil yang menjanjikan pada 14 Juli dan mengatakan akan memasuki tahap akhir uji coba manusia pada 27 Juli.

2. Apa yang terjadi dalam setiap fase uji coba klinis

Memproduksi vaksin adalah proses yang melibatkan banyak tahap. Ini termasuk tes pra-klinis yang kadang-kadang melibatkan pengujian pada hewan untuk menentukan apakah vaksin menghasilkan respons kekebalan yang diinginkan.

Fase 1, yaitu ketika para ilmuwan menilai keamanan awal obat pada sejumlah kecil orang.
Fase 2 menilai keampuhan vaksin pada virus. Para ilmuwan akan memberikan vaksin kepada sekelompok orangdalam jumlah lebih besar, biasanya dalam ratusan dan dipecah menjadi kelompok-kelompok, untuk melihat apakah vaksin bertindak berbeda di dalamnya. Tahap ini juga digunakan untuk menguji lebih lanjut percobaan keamanan vaksin.

Pada Fase 3, vaksin diperkenalkan kepada ribuan peserta dan darah mereka dibandingkan dengan mereka yang menerima plasebo (obat kosong).

3. Kapan bisa mendapatkan vaksin?

Menurut WHO, ada lebih dari 140 vaksin yang sedang diuji, dengan 23 kandidat vaksin menjalani uji coba pada manusia. 
Dua berada dalam uji coba tahap 3 terakhir sementara satu lagi akan memulai peregangan akhir akhir bulan ini. Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi milik pemerintah China mengatakan bahwa vaksin buatan Tiongkok siap pada awal tahun ini.

Sementara itu  WHO mengatakan pada Juni bahwa beberapa ratus juta dosis vaksin corona dapat diproduksi pada akhir tahun dan ditargetkan pada mereka yang paling rentan terhadap virus.

"Jika kami sangat beruntung, akan ada satu atau dua kandidat yang sukses sebelum akhir tahun ini," kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan dalam konferensi pers virtual.
Saat ini, beberapa vaksin potensial sedang dalam fase 3 atau pengembangan. Vaksin yang sedang dikembangkan oleh perusahaan Inggris-Swedia AstraZeneca dan Universitas Oxford adalah satu diantaranya.

Data yang dirilis pada 20 Juli menunjukkan itu menginduksi respons kekebalan pada semua peserta studi yang menerima dua dosis tanpa efek samping yang serius. Laporan menunjukkan bahwa vaksin darurat dapat diberikan pada bulan Oktober.

CanSinoBiologics dari China dan unit penelitian militer negara itu juga telah memberikan hasil yang menjanjikan. Para peneliti mengatakan vaksin uji coba mereka menunjukkan bahwa vaksin itu tampaknya aman dan memicu respons kekebalan pada sebagian besar 508 sukarelawan sehat yang mendapat satu dosis vaksin.

Sekitar 77 persen sukarelawan mengalami efek samping seperti demam atau nyeri di tempat suntikan, tetapi tidak ada yang dianggap serius.
Vaksin biasanya membutuhkan beberapa tahun jika tidak berpuluh-puluh tahun untuk diproduksi karena beberapa putaran pengujian diperlukan sebelum dapat disetujui untuk digunakan pada manusia. Mengingat besarnya krisis kesehatan saat ini, para ilmuwan berlomba dengan waktu untuk mencoba memproduksi vaksin dalam hitungan bulan.

Namun mereka harus membuktikan bahwa mereka aman dan efektif dalam uji coba yang melibatkan ribuan subjek sebelum persetujuan akhir diberikan untuk penggunaannya. Mengingat jumlah waktu dan sumber daya yang diperlukan, tidak mengherankan bahwa pengembangan vaksin adalah urusan yang mahal.

4. Negara yang terlibat

Lusinan negara terlibat dalam proyek ini, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Cina, dan Singapura.
Lebih dari 75 negara juga menyatakan minatnya untuk bergabung dengan skema pembiayaan COVAX yang dirancang untuk menjamin akses yang cepat dan merata ke vaksin COVID-19, kata aliansi vaksin GAVI pada 15 Juli.

"Ke-75 negara, yang akan membiayai vaksin dari anggaran publik, akan bermitra dengan hingga 90 negara miskin yang didukung melalui sumbangan sukarela untuk COVAX Advance Market Commitment (AMC) GAVI," kata aliansi itu dalam sebuah pernyataan.

Beberapa dari upaya ini bersifat transnasional. Sebagai contoh, vaksin AstraZeneca sekarang dalam uji coba Tahap 2/3 di Inggris, serta uji coba Tahap 3 di Brasil dan Afrika Selatan.
Perusahaan milik China, Sinopharm, meluncurkan uji coba Tahap 3 pada Juli di Uni Emirat Arab, tempat 15.000 orang dijadwalkan untuk berpartisipasi.

Di Singapura, para ilmuwan menguji vaksin COVID-19 dari perusahaan AS, Arcturus Therapeutics, berencana memulai uji coba manusia pada Agustus setelah menjanjikan respons awal pada tikus.

5. Berapa lama vaksin lain dikembangkan

Berikut adalah lihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan vaksin terhadap beberapa penyakit menular.
Cacar ayam: Juga dikenal sebagai infeksi varicella primer, hanya dibedakan dari herpes zoster (herpes zoster) pada 1950-an, dan vaksin pertama dikembangkan di Jepang pada 1970-an.

Demam kuning: Penyakit ini telah menjangkiti manusia selama lebih dari 500 tahun, dan sebuah vaksin akhirnya diciptakan pada tahun 1937 oleh pemenang Nobel Max Theiler, yang digunakan hingga hari ini.

Influenza: Selama pandemi influenza 1918, tidak ada obat untuk virus yang diketahui, dan vaksin pertama hanya muncul pada 1945.
Namun, hanya dua tahun kemudian, para peneliti menyimpulkan bahwa perubahan musiman pada komposisi virus berarti vaksin yang ada menjadi tidak efektif.

Mereka menemukan bahwa dua jenis utama virus influenza terjadi, bersama dengan beberapa jenis baru, setiap tahun. Untuk alasan ini, para ilmuwan harus mengubah vaksin setiap tahun.

Sars: Virus ini pertama kali menginfeksi manusia di provinsi Guangdong China pada  2002 dan diidentifikasi pada 2003 sebagai virus hewan dari kemungkinan kelelawar, sebelum menyebar ke hewan lain dan kemudian manusia. Dua vaksin SARS dievaluasi pada manusia, kata Profesor Kanta Subbarao dari University of Melbourne.

"Sejumlah kandidat yang menjanjikan diuji dalam studi pra-klinis, tetapi mereka tidak dikejar karena SARS tidak muncul kembali," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro