Ilustrasi belajar di rumah
Health

Skema Belajar di Rumah, Orangtua Dituntut Lebih Kreatif

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 Juli 2020 - 16:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Orang tua merupakan guru pertama dan utama bagi anak. Oleh karenanya, sebagai orang tua, penting untuk bisa terus beradaptasi dengan berbagai kondisi dan perubahan yang terjadi agar tetap bisa mengajarkan anak di rumah.

Selain itu, orang tua juga harus menyadari peran pentingnya untuk bisa memberikan stimulasi yang tepat agar tetap dapat mendukung potensi prestasi si kecil berkembang optimal sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya.

Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi. Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan, proses bertumbuh dan berkembang bagi si kecil, termasuk juga proses belajar, sangat tergantung pada kehangatan interaksi si kecil bersama orangtuanya.

Menurutnya,  penting sekali bagi ibu agar bisa menjadi guru buat si kecil di rumah. Karena itu, penting membalikan konsep orangtua sebagai guru pertama dan utama bagi si kecil terutama di masa sekolah di rumah seperti saat ini. 

Dia mengatakan agar si kecil tetap bisa bergembira belajar di rumah, ibu harus bisa kreatif dalam mengajari si Kecil. Salah satunya dengan mengombinasikan belajar dengan bermain atau bisa disebut bermain bersama.

Bermain Bersama ibu, katanya, bisa dibuat dengan adanya tujuan pembelajaran untuk si Kecil. Kegiatan yang dilakukan bukan sekadar sesuatu yang spontan, namun direncanakan dengan target belajar tertentu. Target misalnya ingin meningkatkan 5 potensi prestasi si kecil, yaitu Berpikir kreatif, Bantu tumbuh kembang, Supel, Mandiri dan Percaya diri. Supaya tercapai tujuannya, Bunda bisa memilih kegiatan yang sesuai pilihan si Kecil sehingga menyenangkan, menyesuaikan waktu berkegiatan dengan rutinitas si Kecil untuk membuat jadwal.

"Juga konsisten mengulangi kegiatan sampai target belajar tercapai, dan tentunya tetap melakukan lebih banyak gerakan. Jadi, walaupun direncanakan namun  tetap dilakukan dengan asyik dan seru sehingga tetap menyenangkan,” ujar Anna Surti Ariani yang akrab disapa Nina dikutip dari siaran persnya.

Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo, mengatakan, selaras dengan tema peringatan HAN 2020 ‘Anak Indonesia Gembira Di Rumah’,  mereka menggelar serangkaian kegiatan online Bersatu dan Kuat Festival. Melalui Bersatu dan Kuat Festival, dengan menyediakan berbagai konten edukatif dan aplikatif untuk mendukung para Bunda mengembangkan serta membentuk 5 potensi prestasi anak generasi maju yaitu Berpikir kreatif, Bantu tumbuh kembang,  Supel, Mandiri dan Percaya diri.

"Konten edukasi digital yang kami tayangkan antara lain interaksi langsung bersama para ahli melalui sesi talkshow dengan tema ‘Bagaimana menjadi guru di rumah untuk mempersiapkan si Kecil menjadi generasi maju’ dan kegiatan-kegiatan lain untuk mengasah potensi prestasi si kecil yang bisa dilakukan di rumah, seperti DIY, olahraga seru di rumah, resep mudah dan sehat.” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro