Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khasiat Tak Terduga Jika Rutin Konsumsi Probiotik   

British Journal of Nutrition, probiotik seperti lactobacillus membantu penurunan berat badan. Dalam penelitian pada 210 orang dengan obesitas sentral, yang ditandai dengan kelebihan lemak perut, mengonsumsi probiotik lactobacillus gasseri setiap hari menghasilkan hilangnya lemak perut sebesar 8,5 persen selama 12 minggu.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  14:44 WIB
Probiotik
Probiotik

Bisnis.com, JAKARTA - Rutin mengonsumsi probiotik ternyata dapat memberi banyak manfaat baik bagi kesehatan. Mendapat berat badan ideal, menyehatkan jantung, dan mendapat kesehatan mental adalah beberapa diantaranya. 

Melansir Express UK, Rabu (5/8/2020), menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, probiotik seperti lactobacillus membantu penurunan berat badan. Dalam penelitian pada 210 orang dengan obesitas sentral, yang ditandai dengan kelebihan lemak perut, mengonsumsi probiotik lactobacillus gasseri setiap hari menghasilkan hilangnya lemak perut sebesar 8,5 persen selama 12 minggu.

Ketika peserta berhenti mengonsumsi probiotik, lemak perut mereka bertambah kembali dalam waktu empat minggu. Namun bukti juga menunjukkan bahwa lactobacillus rhamnosus dan bifidobacterium lactis (strain probiotik yang umum) dapat membantu dengan penurunan berat badan dan pencegahan obesitas, meskipun ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain itu sejumlah penelitian besar telah menunjukkan bahwa probiotik tertentu mungkin dapat menurunkan kolesterol darah, terutama pada orang dengan kadar kolesterol tinggi. Kadar kolesterol LDL yang tinggi atau zat lilin yang ditemukan dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menurut sebuah ulasan, lactobacillus probiotik secara signifikan mengurangi kadar kolesterol total dan kolesterol LDL. Tinjauan itu juga menemukan bahwa dua jenis probiotik lactobacillus, lactobacillus plantarum dan lactobacillus reuteri, sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol.

Dalam satu penelitian terhadap 127 orang dengan kolesterol tinggi, mengonsumsi L. reuteri selama sembilan minggu secara signifikan menurunkan kolesterol total sebesar sembilan persen dan kolesterol LDL sebesar 12 persen. Kolesterol total adalah ukuran jumlah total kolesterol dalam darah, yang terdiri dari bentuk kolesterol "baik" dan "buruk".

Strain probiotik tertentu juga telah terbukti mengurangi depresi, meskipun penelitiannya kecil. Hasil penelitian kecil menunjukkan probiotik Bifidobacterium longum NCC3001 dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi gejala depresi pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Dalam studi lain, orang dengan depresi berat mengonsumsi suplemen probiotik yang mengandung tiga jenis bakteri selama delapan minggu. Pada akhir penelitian, sebagian besar memiliki skor lebih rendah pada Beck Depression Inventory, metode umum untuk mengevaluasi gejala depresi.

Lebih jauh lagi, sebuah tinjauan penelitian yang mengamati bagaimana probiotik mempengaruhi gejala-gejala depresi menemukan bahwa mengonsumsi suplemen probiotik harian tampaknya membantu mengatasi gejala-gejala depresi dan kecemasan.

Probiotik juga tampaknya bekerja paling baik bila digunakan bersama dengan perawatan lain, termasuk obat-obatan dan psikoterapi. Para penulis dari masing-masing studi ini umumnya sepakat bahwa uji coba yang lebih besar diperlukan untuk lebih menjelaskan bagaimana probiotik dapat mempengaruhi gejala depresi dan kondisi kesehatan mental lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top