Tidur/boldsky.com
Health

Tips Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 13 Agustus 2020 - 17:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stres karena di rumah saja dan kecemasan yang terus menerus terkait dengan pandemi Covid-19, dapat menyulitkan orang untuk tidur tujuh hingga delapan jam per malam,

Dikutip dari Express.com, ada beberapa tips untuk membantu mengatasi kurang tidur serta makanan terbaik dan terburuk untuk dimakan sebelum tidur.

Buat rutinitas tidur yang menenangkan

Luangkan waktu untuk bersantai sebelum Anda pergi tidur. Kegiatan seperti membaca atau mandi air hangat, dapat membantu Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Meskipun aktif sepanjang hari membantu tidur malam yang lebih nyenyak, Anda harus menghindari aktivitas fisik yang berlebihan dalam satu hingga dua jam menjelang waktu tidur agar tubuh rileks. 

Pastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang tepat untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Hindari bekerja di kamar selama lockdown karena dapat menghentikan Anda dari 'bersantai' ketika Anda benar-benar ingin tidur di malam hari.

Jauhkan peralatan digital dari kamar tidur Anda untuk menghindari keinginan memeriksanya ketika Anda terbangun karena dapat mempersulit untuk kembali tidur.

Pastikan juga kamar tidur Anda memiliki tirai anti tembus pandang yang baik, karena sore dan pagi hari yang lebih cerah dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Jangan tidur siang

Jika Anda sulit tidur di malam hari, Anda bisa tergoda untuk tidur siang setelah selesai bekerja di malam hari. Hindari itu. Semakin banyak Anda tidur siang, semakin kecil kemungkinan tubuh Anda akan 'siap' untuk tidur saat waktunya tiba.

Jika Anda merasa lelah sepanjang hari, berdirilah dan berjalan-jalan, cari udara segar atau lakukan sesuatu yang akan menantang otak Anda untuk sementara waktu, seperti teka-teki silang atau pencarian kata.

Hindari stimulan sebelum tidur

Ketika berbicara tentang kebiasaan tidak sehat sebelum tidur, banyak yang mungkin memengaruhi Anda sulit tidur.

Beberapa efek stimulan membutuhkan waktu berjam-jam untuk menghilang dan berdampak besar pada seberapa cepat Anda tertidur dan kualitasnya. Nikotin menyebabkan detak jantung dan kewaspadaan Anda meningkat yang berarti Anda merasa lebih terjaga sebelum tidur.

Nikotin memasuki aliran darah dalam beberapa menit tetapi setelah beberapa jam akan mulai meninggalkan tubuh Anda dan karena sifatnya yang membuat ketagihan, otak Anda akan membangunkan Anda untuk meminta lebih banyak nikotin sehingga menyebabkan malam Anda terganggu.

Sedangkan alkohol dapat membuat Anda mengantuk, tetapi dapat mengganggu Anda di malam hari dan tidak memungkinkan Anda untuk tertidur lelap yang Anda butuhkan. Hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi sebelum tidur, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman malty atau susu hangat dapat membantu tidur.

Ketika berbicara tentang makanan terburuk untuk dimakan sebelum tidur, hindari cokelat, keju, kari, es krim, dan keripik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro