Ilustrasi - Rasa lelah muncul ketika bekerja/Antara
Health

Kelelahan Tanpa Sebab Bisa Jadi Gejala Kanker Usus

Desyinta Nuraini
Jumat, 21 Agustus 2020 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merasa lelah tanpa sebab yang jelas ternyata bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya.

Melansir Express UK, Jumat (21/8/2020), kelelahan tanpa alasan menjadi salah satu gejala kanker usus. Hal ini kata badan amal Bowel Cancer UK, karena kanker usus dapat menyebabkan kekurangan zat besi dalam tubuh.

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, yaitu kekurangan sel darah merah. Jika menderita anemia, kemungkinan besar tubuh akan merasa lelah dan membuat kulit tampak pucat.

University of Rochester Medical Center menjelaskan bahwa sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Dibuat di sumsum tulang, sel darah merah juga bertanggung jawab untuk menghilangkan karbon dioksida. Namun, jika tidak ada cukup sel darah merah sehat yang dibuat, maka lebih sedikit oksigen yang diangkut ke jaringan dan sel.

"Jika jumlah sel darah merah yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan tubuh akibat kanker lebih sedikit, hal ini disebut anemia normositik," sebut badan amal itu.

Lebih lanjut, kanker usus dapat menyebabkan perdarahan internal, sehingga kekurangan sel darah merah. Kerap kali pendarahan ditunjukkan dari tinja yang keluar disertai darah.

Akan tetapi, kerap kali tinja beserta darah yang keluar bisa juga disebabkan karena wasir. Oleh karena itu, NHS menyarankan apabila terjadi kondisi tersebut, lebih baik memeriksakan diri ke dokter untuk memastikannya.

"Ini bisa berarti Anda buang air kecil lebih sering, dengan kotoran yang lebih encer, dan terkadang sakit perut," tambah NHS.

Macmillan Cencer Support menambahkan tanda-tanda lain kanker usus yakni perasaan belum buang air besar dengan benar padahal telah melakukannya. Selain itu, seseorang mungkin merasa pusing atau sesak.

Macmillan mencatat bahwa setiap perubahan dalam kebiasaan buang air besar perlu berlangsung selama tiga minggu atau lebih untuk dianggap sebagai masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro