Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Cara Mencegah Jerawat Akibat Pakai Masker

Pandemi virus corona (Covid-19), membuat masyarakat wajib menggunakan masker saat beraktivitas.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  20:38 WIB
Jerawat di hidung -
Jerawat di hidung -

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan masker tak dipungkiri menyebabkan masalah kulit seperti jerawat dan bruntusan. Hal ini karena ketika menggunakannya, wajah menjadi lembab hingga terjadi sumbatan di pori-pori yang memicu pertumbuhan kuman atau bakteri.

Namun kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari Klinik Bamed, Sonia Hanifati, hal tersebut bisa dicegah dan diatasi.

Paling utama, sebaiknya memilih masker berbahan kain katun, sutra atau silk karena lebih menyerap keringat. Kemudian, rutin mengganti masker minimal 4 jam sekali karena kuman atau bakteri penyebab jerawat pastinya menempel di area masker.

Berikutnya, mencuci masker setiap hari. Ada baiknya ketika mencuci, cukup menggunakan deterjen tanpa memakai pewangi atau pelembut pakaian. "Kalau kulit kita sensitif, pewangi atau pelembut tersebut justru bisa menyebabkan kemungkinan iritasinya bertambah," jelasnya dalam Webinar peringatan 10 tahun Klinik Bamed, Rabu (26/8/2020).

Selain itu, memperhatikan penggunaan make up atau skin care. Lebih baik kata Sonia penggunaannya diminimalisir untuk mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat.

"Gunakan produk skincare non comedogenic dan memilih pelembab wajah yang ringan untuk mencegah sumbatan pori-pori," tuturnya.

Jangan lupa pula saat membersihkan wajah wajib double cleansing, bisa dengan menggunakan micellar water selanjutnya mencuci muka. Lantas bagaimana mengatasi wajah yang terlanjur berjerawat karena penggunaan  masker? Kata Sonia bisa dengan menggunakan obat jerawat yang mengandung salicylic acid ataupun benzoil peroksida.

Namun apabila dalam 3 hingga seminggu tidak membaik, ada baiknya berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin. "Karena siapa tahu jerawat memang butuh penanganan obat yang lebih," pungkas Sonia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona jerawat masker covid-19
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top