Ika Natassa
Relationship

'Sementara, Selamanya' Replika Kehidupan di tengah Pandemi Karya Ika Natassa

Gloria Fransisca Katharina Lawi
Rabu, 2 September 2020 - 17:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Banker sekaligus novelis Ika Natassa, tetap produktif berkarya di tengah pandemi Covid-19 dengan dengan peluncuran buku baru berjudul Sementara, Selamanya.

Melalui siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (2/9/2020), Ika menyatakan, oandemi dan kondisi menyebabkan ruang gerak dia sebagai penulis menjadi lebih terbatas hanya di rumah saja. Perubahan pandemi ini ternyata sangat besar dibanding hidup Ika seperti biasanya.

Awalnya, Sementara, Selamanya merupakan proyek penulisan impulsif Ika untuk digunakan sebagai skenario mini seri oleh Reza Rahadian.

Ketika akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku, Ika merasa pembaca tidak akan kehilangan kepuasan dalam membacanya, jika dibandingkan dengan novel.

Novel ini bercerita lewat skenario menghadirkan batasan-batasan yang tak dia jumpai sebelumnya saat menulis novel. Namun batasan itu justru jadi tantangan bagi Ika sebagai penulis.

Dia menilai, skenario bukan hanya panduan bagi aktor dan aktris yang memerankan karakter, tapi juga alat yang powerful bagi sutradara dan semua kru yang terlibat.

"Di skenario Sementara, Selamanya ini, aku merangkulnya sebagai gaya bercerita yang baru, memadukan deskripsi seperti yang biasa kulakukan saat menulis novel dengan kelincahan dialog,” jelas Ika.  

Sementara, Selamanya bercerita tentang Saka dan istrinya Zara. Saat Covid-19 merebak di Jakarta, pasangan ini kemudian memutuskan tinggal terpisah sementara karena Zara bertugas sebagai dokter yang banyak menangani pasien Covid-19. Pada masa-masa yang berat ini, setiap hari yang dinantikan Saka adalah video call dengan istrinya.

Tantangan kemudian semakin terasa, saat pasangan ini merasakan bahwa menjalani berdua sendiri ternyata tidak semudah yang mereka bayangkan. Kemunculan sebuah masalah mulai membuat mereka bertanya-tanya, apakah perpisahan yang dijanjikan hanya untuk sementara ini akan menjadi selamanya.

"Ada sepi, ada rindu, ada gelisah. Semua rasa ini kutuangkan menjadi cerita Sementara, Selamanya, terutama lewat karakter Saka,” tutur Ika.

Dionisius Wisnu, Public Relations Gramedia Pustaka Utama menjelaskan, novel Sementara, Selamanya dicetak terbatas 1.000 eksemplar dan penjualannya juga melalui sistem pre-order mulai 25 Agustus.

Namun dengan melihat antusiasme di media sosial dan juga pada saat peluncuran daring kemarin, Wisnu optimistis buku ini juga akan habis dalam hitungan menit, seperti pre-order buku-buku Ika sebelumnya.

Sementara, Selamanya menjadi buku kesebelas Ika Natassa yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama, setelah A Very Yuppy Wedding (2007), Divortiare (2008), Antologi Rasa (2011), Twivortiare (2012), Twivortiare 2 (2014), Critical Eleven (2015), Underground (2016), The Architecture of Love (2016), Critical Eleven Screenplay Book (2017), dan Susah Sinyal: Sebuah Novel yang terbit 2018 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro