Nyamuk Aedes aegypti/Reuters
Health

Cara Melindungi Anak Anda Dari Gigitan Nyamuk

Novita Sari Simamora
Rabu, 2 September 2020 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Meskipun gigitan nyamuk cukup umum terjadi, melindungi bayi Anda dari nyamuk sangat penting untuk menghindari penyakit dan infeksi. Anda mungkin pernah mendengar tentang pengobatan rumahan untuk mengusir nyamuk, tetapi si kecil membutuhkan metode yang efektif untuk menjaganya tetap aman.

Dikutip dari Parenting Firstcry, Rabu (2/9/2020). Ada banyak trik yang telah dicoba dan diuji untuk mengusir nyamuk. Berikut 7 cara melindungi si kecil dari gigitan nyamuk.

1.Tetap di dalam ruangan

Nyamuk biasanya keluar untuk bermain saat fajar dan senja, jadi hindari keluar dengan si kecil selama jam-jam tersebut. Pilih untuk keluar pada siang hari, karena nyamuk tidak terlalu menyukai matahari. Jika Anda ingin mengajak buah hati Anda jalan-jalan sore, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindunginya dari gigitan nyamuk.

2. Kenakan pakaian yang tepat

Salah satu cara paling efektif untuk melindungi si kecil dari nyamuk adalah dengan mendandani dia dengan pakaian yang memberikan perlindungan maksimal. Baju dan kaos lengan penuh, celana, dll.

Dapat membantu mengurangi kulit bayi Anda agar tidak terkena nyamuk. Sebaiknya hindari pakaian tanpa lengan, rok, dan celana pendek. Saat mendandani buah hati Anda, perhatikan kenyamanannya dan pilihlah pakaian yang ringan yang tidak terlalu ketat. Ini akan membantunya menggerakkan lengan dan kakinya dengan bebas dan bersenang-senang tanpa merasa kepanasan.

3. Pilih pengusir nyamuk yang tepat

Ada berbagai macam obat nyamuk yang tersedia di pasaran dan banyak DIY anti nyamuk yang menjanjikan hasil. Namun, penting untuk memilih yang tepat untuk melindungi si kecil Anda. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk bayi Anda. Pengusir nyamuk yang efektif tidak hanya aman untuk bayi Anda, tetapi juga berhasil mengusir nyamuk.

4. Hindari produk beraroma

Penelitian menunjukkan bahwa aroma tertentu menarik nyamuk, jadi sebaiknya hindari parfum, krim wangi, dan sampo untuk si kecil. Gunakan pelembab dan sampo bebas pewangi untuk si kecil agar terlindung dari gigitan nyamuk.

Ada juga beberapa wewangian dan minyak esensial yang membantu mengusir nyamuk. Aroma seperti lavendel, serai, dan minyak serai wangi membantu mengusir nyamuk.

5. Penutup jaring dan pintu kasa

Penting untuk diingat bahwa nyamuk bukan hanya serangga yang ada di luar ruangan. Mereka dapat dengan mudah masuk jika Anda membiarkan pintu dan jendela terbuka. Selain itu, Anda juga dapat menutup boks bayi Anda dengan penutup jaring dan menambahkan penutup untuk kereta dorongnya. Ini akan bertindak sebagai perisai dari nyamuk dan akan membantu bayi Anda menikmati menghabiskan waktu di luar ruangan.

6. Jauhi wilayah nyamuk

Saat pergi ke luar ruangan, hindari tempat-tempat yang biasanya penuh dengan nyamuk. Nyamuk suka nongkrong di dekat semak-semak, genangan air, tong sampah, dan taman bunga. Cobalah dan hindari mendekati tempat-tempat ini untuk melindungi bayi Anda dan diri Anda sendiri dari gigitan nyamuk. Tempat yang luas dan terbuka biasanya bebas nyamuk, selama Anda terus berjalan atau bergerak.

7. Penutup saluran sumber air stagnan

Sumber air yang tergenang tidak hanya menjadi tempat nongkrong favorit nyamuk, tetapi juga tempat berkembang biaknya. Nyamuk bertelur di air yang tergenang dan berkembang biak di tempat yang terdapat sumber air terbuka. Tutupi genangan air di dalam dan di sekitar rumah Anda dan tiriskan sumber air yang tidak sering Anda gunakan, karena genangan air tidak hanya penuh dengan nyamuk, tetapi juga tidak higienis karena penuh dengan bakteri dan parasit.

Ikuti tip dan trik sederhana ini, dan Anda dan keluarga akan aman dari gigitan nyamuk. Selain menimbulkan konsekuensi yang parah seperti malaria dan demam berdarah, bahkan gigitan nyamuk secara teratur dapat menyebabkan iritasi dan dapat menyebabkan masalah kulit yang tidak perlu.

Karena bayi tidak benar-benar mengerti bahwa mereka tidak boleh menggaruk gigitan nyamuk, hal itu dapat menyebabkan mereka menusuk kulitnya dan memungkinkan bakteri masuk melalui luka terbuka. Peretasan mudah ini tidak hanya akan meredakan gigitan nyamuk, tetapi juga menenangkan pikiran Anda, setiap kali Anda ingin membawa bayi keluar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro