Wisman lansia di Bali/Bisnis-Natalia Indah Kartikaningrum
Health

9 Mitos Tentang Lansia dan Penuaan

Desyinta Nuraini
Jumat, 4 September 2020 - 20:52
Bagikan

Gagap Teknologi, Kehilangan Kreatifitas dan Dorongan Seks

4. Lansia tidak dapat beradaptasi dengan teknologi baru

Ya, beberapa orang tua mungkin meminta bantuan Anda dengan BookFace, SnapTime, atau InstaChat. Mereka mungkin juga meminta bantuan untuk mengunduh gambar dari Google. Tetapi coba perhatikan lagi, lansia membuat, mempelajari, menggunakan, dan bermigrasi dari rekaman, ke trek 8, ke kaset ke CD ke MP3 ke streaming. Dari bioskop, ke drive-in, ke VHS, Betamax, DVD, dan streaming. Dari kertas koran hingga iPad. Dan dari telepon panggilan ke telepon pintar.

Setiap kebiasaan sulit dihilangkan. Namun berikan penghargaan pada generasi Baby Boomer karena telah berpindah dari kebiasaan lama dan menggunakan teknologi baru di semua aspek kehidupan mereka ke tingkat yang lebih besar daripada generasi lain dalam sejarah.

5. Kehilangan kreativitas saat menua

Ada banyak kesalahpahaman seputar kreativitas dan usia. "Yang paling mencolok adalah anggapan bahwa kreativitas adalah hak prerogatif kaum muda, bahwa penuaan identik dengan penurunan kapasitas untuk menghasilkan dan menerima inovasi," sebut Psikolog Dean Simonton. 

Tetapi penelitian terbaru telah menyingkirkan prasangka itu. Penuaan tidak mengurangi kreativitas Anda. Faktanya, ada banyak contoh orang yang menciptakan lagu, puisi, seni, dan penemuan baru hingga masa dewasanya.

Paul Cezanne, Pablo Picasso, Charles Darwin, Sigmund Freud, J.R.R. Tolkein semuanya menciptakan beberapa karya terpenting mereka setelah berusia 55 tahun. “Usia di mana ilmuwan memberikan kontribusi penting semakin tua dari waktu ke waktu. Saat ini, rata-rata usia di mana fisikawan melakukan pekerjaan pemenang Hadiah Nobel adalah 48," ujar Profesor Bruce Weinberg di Universitas Ohio.

6. Kehilangan dorongan seks saat menua

Tidak ada yang suka membayangkan orang tua mereka melakukannya, apalagi kakek-nenek mereka. 

Satu penelitian sebenarnya menunjukkan bahwa frekuensi seksual menurun untuk setiap kelompok usia di Amerika kecuali manula yang berusia di atas 70 tahun. Studi lain mengungkapkan bahwa 30 persen orang dewasa di atas usia 70 melakukan hubungan seks setidaknya dua kali sebulan.

Mengapa terjadi perubahan perilaku? Nah, semua janda dan duda sekarang dapat menemukan cinta dan persahabatan lebih mudah dari sebelumnya di aplikasi kencan, sama seperti kita semua. Selain itu, keterbatasan biologis telah diatasi dengan pengobatan disfungsi ereksi dan lubrikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro