Calon vaksin virus Corona (Covid-19)./Shutterstock
Health

Hasil Uji Coba Vaksin Covid-19 Sinovac Memuaskan, Brasil Siap Distribusikan Tahun Ini

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 11 September 2020 - 08:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Negara Bagian São Paulo Brasil mengatakan  uji klinis Fase 3 dari vaksin COVID-19 potensial yang dikembangkan oleh China Sinovac Biotech Ltd telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dan mungkin tersedia untuk orang Brasil pada awal Desember.

Gubernur João Dória menambahkan bahwa uji coba Fase 2 dari vaksin potensial telah menunjukkan tanggapan kekebalan 98% pada orang tua.

Sekitar 9.000 orang Brasil berpartisipasi dalam uji coba vaksin Sinovac, yang dilakukan oleh Butantan Institute di kota Sao Paulo, ibu kota Negara Bagian. Brasil, yang memiliki wabah virus korona baru terparah ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan India, telah menjadi tempat uji coba bagi setidaknya dua kandidat vaksin.

Salah satu vaksin tersebut sedang dikembangkan oleh AstraZeneca, yang harus menghentikan uji coba global setelah penyakit yang tidak dapat dijelaskan pada seorang peserta di Inggris.

Pada awal tahun depan, uji coba fase 3 vaksin COVID-19 "Sputnik-V" Rusia juga akan dilakukan pada 10.000 sukarelawan di Brasil dalam kemitraan dengan Institut Teknologi Negara Bagian Paraná, yang dikenal sebagai Tecpar

Kelompok laboratorium dan rumah sakit Brasil DASA SA mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah setuju untuk melakukan uji coba Tahap 2 dan 3 di Brasil untuk vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh COVAXX, sebuah unit milik United Biomedical Inc.

Pada hari Selasa, penjabat Menteri Kesehatan Brasil Eduardo Pazuello mengatakan vaksin COVID-19 akan diluncurkan. Demikian dikutip dari timesofindia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro