Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini 10 Teknologi Dorong Produktivitas Olahraga

Kecanggihan teknologi bisa meningkatkan efektivitas dan produktivitas dalam berolahraga.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 11 September 2020  |  13:33 WIB
Verstappen menjadi yang tercepat di pada peringatan balap seri 70 tahun F1 Grand Prix, mendahului duo Mercedes, yakni Lewis Hamilton dan Vatteri Bottas di posisi kedua dan ketiga.  - HONDA
Verstappen menjadi yang tercepat di pada peringatan balap seri 70 tahun F1 Grand Prix, mendahului duo Mercedes, yakni Lewis Hamilton dan Vatteri Bottas di posisi kedua dan ketiga. - HONDA

Bisnis.com, JAKARTA -- Era teknologi digital tak hanya mengubah pola komunikasi, tetapi juga menghadirkan ragam inovasi pada bidang olahraga.

Dilansir dari Bleacherresport, Jumat (11/9/2020), berikut 10 inovasi terkini pada olahraga.

1. Heart Monitor – Training

Heart monitor sangat penting bagi atlet yang banyak beraktivitas fisik. Heart monitor juga digunakan dalam masa training atau pelatihan untuk mengecek kesehatan, tekanan darah dan detak jantung. Alat ini berfungsi untuk memantau secara rutin kondisi kesehatan dan kesiapan atlet sebelum bertanding.

2. Cyclops dan Hawkeye Tracking System – Tennis

Cyclops adalah sistem dengan enam sinar infra-red yang diletakkan hanya 1cm di atas lapangan permainan tenis, tujuannya untuk mendeteksi apakah bola yang dipukul berada dalam lapangan atau keluar lapangan. Cyclops akan mendeteksi dengan tepat. Sementara Hawkeye System adalah sejumlah kamera pengintai dalam lapangan pertandingan yang berada dalam setiap angle untuk memantau jalannya pertandingan.

3. Headset – Football

Headset menjadi inovasi teknologi yang sangat efektif bagi pelatih dalam memantau jalannya pertandingan football. Dengan headset yang terpasang di pelatih, mereka bisa mengarahkan para tim secara langsung tanpa harus berteriak atau menggunakan suara besar. Dengan begitu, kerahasiaan strategi tim bisa terjaga.

olahraga tekknologi

4. The Television – Golf

Banyaknya momen yang mungkin terabaikan dalam pertandingan golf membuat seringkali terjadi kontroversi dalam pertandingan ini. Golf dengan arena pertandingan yang sangat luas juga sangat memungkinkan para penonton tidak memperhatikan dengan jelas. Oleh sebab itu untuk menjaga akurasi pertandingan penting melalui siaran televisi dan pemantauan kamera.

5. Photo Finishes

Pengambil gambar pada pertandingan balap lari maupun balap kuda membutuhkan kamera penangkap gambar otomatis yang bisa mencetak gambar dalam 3000 frame hitungan per detik. Dengan pengambilan gambar yang sangat banyak ini maka pergerakan atlet bisa terdeteksi dengan baik. Teknologi ini juga efektif pada cabang olahraga seperti renang.

foto olahraga

6. Above the Net Camera – Hockey

Penetapan kamera dari tampak atas pada permainan hockey adalah inovasi teknologi yang efektif dalam menjamin keteparan fan fairness dalam pertandingan. 

7. Komputerisasi Skor Bowling

Sedari dulu salah satu hal yang paling riskan dalam pertandingan adalah pencatatan skor. Bowling misalnya, sangat sulit dicatat karena kecepatan permainan. Kini, dengan komputerisasi skoring, maka tingkat ketepatan skoring pada bowling lebih baik ketimbang skoring secara manual. Dengan begitu, pemain bisa tetap fokus dalam mengatur strategi dan melakukan pertandingan.

8. Kinetic Energy Recovery System (KERS) – Balap Mobil

KERS digunakan dalam pertandingan Formula1 dimana mesin seberat 35 kilogram dalam mobil ini akan terus mengisi daya mobil secara otomatis. Mesin ini pertama kali diluncurkan pada 2009, sempat berhenti pada 2010 karena beratnya mesin tersebut. Meski demikian, KERS juga punya kelebihan lebih ramah lingkungan dan memberi kesempatan pada pembalap untuk menaikkan kecepatan tanpa merusak sistem.

teknologi dalam sport

9. Radar Gun – Baseball

Baseball sebagai salah satu olahraga lempar bola, serta aturan main dengan berlari (homerun) yang terkesan sangat tradisional membuat penonton sangat mungkin kehilangan momen penting dalam pertandingan. Oleh sebab itu, radar gun ini sangat jitu iuntuk mengecek jalannya pertandingan, serta mengawasi pelempar dan pemukul serta setiap pemain dalam pertandingan.

10. Multi-Faced Above the Rim Shot Clock – Basketball

Awalnya, jam dan skoring shot basketball kerap dipasang di pinggir lapangan bagian tengah. Pilihan itu kurang efektif bagi pemain dalam memantau pergerakan sisa waktu, dan skor shot. Selain itu, pemain juga penonton jadi lebih sulit memantau skor tembakan. Dengan penempatan di atas ring, akan lebih memudahkan masing-masing tim dan pemain memantau pergerakan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi olahraga
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top