Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

30 Juta Warga Korea Selatan Akan Disuntik Vaksin Covid-19

Dana itu, untuk pengadaan pasokan vaksin bagi 30 juta orang, atau 60 persen dari populasi negara itu.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 15 September 2020  |  20:32 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan berencana menghabiskan anggaran sebesar USS$ 200 juta untuk pengadaan vaksin virus corona.

Dana itu, untuk pengadaan pasokan vaksin bagi 30 juta orang, atau 60 persen dari populasi negara itu.  

Target populasi lebih tinggi daripada tujuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk pembelian awal persediaan bagi 20 persen orang paling rentan di dunia, dan setidaknya 40 persen disetujui oleh negara-negara Uni Eropa, Inggris dan mitra Uni Eropa untuk populasi mereka. .

Sementara itu, otoritas Korea Selatan ingin menginokulasi seluruh populasi 52 juta, demikian kata Perdana Menteri Chung Sye-kyun seperti dikutip dari Strait Times.

Pembuat vaksin global berlomba untuk mengembangkan vaksin yang efektif melawan virus yang telah menewaskan lebih dari 925.000 orang sejak muncul di China akhir tahun lalu.

Mr Chung mengatakan pemerintah akan bernegosiasi dengan organisasi internasional yang relevan dan pembuat vaksin untuk mengamankan pasokan dan akan membeli lebih banyak saat perkembangan berlangsung.

Pada bulan Agustus, Korea Selatan mengatakan akan bergabung dengan fasilitas COVAX, rencana alokasi vaksin virus corona global yang dipimpin bersama oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang bertujuan untuk membantu membeli dan mendistribusikan suntikan secara adil.

Korea Selatan akan membeli 20 juta dosis vaksin dari skema COVAX, cukup untuk 10 juta orang, dan 40 juta dosis dari pembuat obat swasta, kata otoritas kesehatan dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah telah menyiapkan 172 miliar won (S$200 juta) untuk membayar vaksin, termasuk US$70 juta untuk 20 juta dosis dari fasilitas COVAX.

Korea Selatan telah menjadi salah satu kisah sukses mitigasi virus korona di dunia, dengan strategi pengujian dan pelacakan yang agresif, tetapi tetap berjuang melawan lonjakan infeksi yang terus-menerus.

Mereka melaporkan 106 kasus virus korona baru pada hari Senin, menjadikan jumlah total infeksi menjadi 22.391 dengan 367 kematian.

SK Bioscience Korea Selatan pada bulan Juli setuju untuk memproduksi vaksin eksperimental AstraZeneca, yang telah menjanjikan, dan menandatangani kesepakatan dengan Novavax Inc bulan lalu untuk memproduksi komponen vaksin virus korona eksperimental pengembang obat AS.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top