Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Alasan Tokopedia Pilih BTS Jadi Brand Ambassador

Tokopedia menjadikan boyband asal Korea Selatan, BTS sebagai brand ambassadornya.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 22 September 2020  |  14:03 WIB
Boy band Korea BTS - Instagram
Boy band Korea BTS - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA -- Maraknya perusahaan Indonesia menggaet artis Korea Selatan sebagai brand ambassador dan bintang tamu pada event disebabkan tingginya animo masyarakat dunia pada industri kreatif dari negeri ginseng tersebut.

Bangtan Sonyeondan (BTS) tampil pertama kalinya dalam seri konser Tiny Desk NPR, pada 21 September 2020 kemarin pukul 20.00 WIB. Menurut National Public Radio (NPR) melalui akun Twitter resmi mereka, konser BTS itu disiarkan langsung melalui Youtube.

Pengumuman tersebut membuat "Tiny Desk Concert" menjadi trending topic di Twitter. Tak heran jika para Army bisa menyetel pengingat di halaman YouTube NPR Music. Berdasarkan pantauan Bisnis.com, Selasa (22/9/2020), siaran konser tersebut akhirnya menjadi trending di Youtube, dengan total 5,4 juta views kurang dari 24 jam.

Konser BTS bukanlah yang pertama bagi penggemarnya di Indonesia. Salah satu perusahaan e-commerce, Tokopedia, menjadikan boyband asal Korea Selatan, BTS, sebagai brand ambassadornya. Pilihan ini sudah terbukti lantaran pada festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) Tokopedia, yang berlangsung Rabu, 29 Juli 2020 menuai animo yang tinggi.

Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya menyatakan acara ini ditonton 1 dari 4 penonton televisi di seluruh Indonesia berdasarkan data Nielsen per 30 Juli 2020 dari 11 kota. Selain itu tercatat ada lebih dari 1 juta kali dari kanal video streaming ‘Tokopedia Play’.

Dia mengaku sangat mengapresiasi seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam WIB Tokopedia. Animo terhadap program ini sangat luar biasa.

Selama dua jam acara berlangsung, situs Tokopedia pun dikunjungi masyarakat hampir 5 juta kali. Alhasil Tokopedia mencatat ada lebih dari 5.000 barang terjual setiap menit selama acara berlangsung. Selain itu, ada lebih dari 40 ribu kotak Tap Tap Kotak dibuka per menit.

Berkat kesuksesan itu, program WIB akan terus diadakan Tokopedia setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan. Pada WIB bulan ini, Tokopedia dikunjungi lebih dari 100 juta kali hanya dalam 5 hari, yaitu 25-29 Juli 2020.

Keterlibatan brand ambassador Tokopedia yakni BTS, tak dipungkiri membuat acara ini sangat ramai diperbincangkan di media sosial hingga sempat menempati peringkat pertama tren, baik di Indonesia maupun dunia.

Oleh sebab itu William mengaku kesempatan dalam festival ini juga sebagai upaya memperkenalkan makanan khas, budaya dan bahasa Indonesia ke panggung dunia melalui kolaborasi dengan BTS. Tak heran jika artis tanah air pun turut terlibat di malam festival WIB sehingga mendapat atensi global lewat pantauan pembicaraan di media sosial.

Melalui cara ini William mengklaim, selain memberikan pengalaman belanja menarik, WIB Tokopedia merupakan upaya untuk memastikan para pegiat usaha di Indonesia tetap bisa menjalankan bisnis di tengah pandemi lewat kanal daring.

Dihubungi secara terpisah oleh Bisnis, External Communications Senior Lead Tokopedia menambahkan, ada banyak pertimbangan perusahaan dalam memilih BTS sebagai brand ambassador dari Tokopedia.

Dia memerinci, pencapaian dan visi BTS dan pesan-pesan yang secara konsisten disampaikan mereka dalam karya mereka yaitu kerja keras untuk mewujudkan mimpi, anti-perundungan dan pesan positif lain, selaras dengan semangat Tokopedia.

“Kami juga sangat mengapresiasi komitmen kuat mereka dalam melakukan inovasi sehingga BTS adalah mitra sekaligus Brand Ambassador yang tepat untuk menyampaikan pesan Tokopedia kepada seluruh dunia,” ungkap Ekhel kepada Bisnis beberapa waktu yang lalu.

Ekhel pun menambahkan, perusahaan sudah melihat antusiasme sangat tinggi dari masyarakat terhadap kolaborasi Tokopedia bersama BTS.

Dia pun berharap kerja sama berjangka panjang ini dapat mendorong masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk berjuang dan melakukan yang terbaik setiap hari bersama Tokopedia.

“Dengan mengusung pesan itu juga BTS sebagai brand ambassador akan menemani di setiap langkah mereka dalam menemukan dan mencapai impian,” ungkap Ekhel.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bts korea selatan tokopedia
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top