Sebuah pesan mengingatkan orang-orang untuk menjaga jarak dengan sesama, ditulis di aspal jalan di luar sebuah pub di London, Inggris, Jumat (27/3/2020)./Bloomberg-Hollie Adams
Health

Mengapa Penting Menjaga Jarak saat Pandemi? Begini Penjelasannya

Annisa Sulistyo Rini
Minggu, 4 Oktober 2020 - 17:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga jarak menjadi salah satu program 3 M yang bertujuan menekan penularan Covid-19 selain memakai masker dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Dalam menjaga jarak, WHO menyarankan setidaknya 1 meter dengan orang lain. Lantas, mengapa harus menjaga jarak dengan orang lain di masa pandemi ini?

WHO menyatakan orang dapat tertular Covid-19 dari orang lain yang terinfeksi virus ini. Virus corona dapat menyebar terutama dari orang ke orang melalui percikan-percikan dari hidung atau mulut yang keluar saat orang yang terinfeksi batuk, bersin atau berbicara.

Percikan-percikan ini relatif berat, perjalanannya tidak jauh dan jatuh ke tanah dengan cepat. Orang dapat terinfeksi Covid-19 jika menghirup percikan orang yang terinfeksi virus ini.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain. Selain itu, lebih baik menghindari pergi ke tempat-tempat ramai.

Mengapa? Karena ketika orang-orang berkumpul bersama dalam kerumunan, Anda memiliki kemungkinan untuk melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi Covid-19 dan lebih sulit untuk menjaga jarak fisik minimal 1 meter.

Tak hanya itu, percikan-percikan yang membawa virus dapat menempel di benda dan permukaan lainnya di sekitar orang seperti meja, gagang pintu, dan pegangan tangan.

Orang dapat terinfeksi dengan menyentuh benda atau permukaan tersebut, kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka.

Inilah sebabnya penting untuk mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air bersih mengalir, atau membersihkannya dengan cairan antiseptik berbahan dasar alkohol. WHO pun terus mengkaji perkembangan penelitian tentang cara penyebaran Covid-19 dan akan menyampaikan temuan-temuan terbaru.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro